Inilah Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil yang Tuding Kemenkeu Iblis

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, Jakarta – Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil yang kini jadi perbincangan gegara berseteru dengan Kemenkeu menarik untuk diulas. Pasalnya Adil baru-baru ini ngamuk dan menyebut pegawai Kementerian Keuangan (Kemenku) sebagai iblis gegara Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang dinilai tidak adil. Pernyataan Bupati Meranti itu pun viral di media sosial.

Lantas siapa sosok Bupati Meranti Muhammad Adil? Berikut ulasannya :

Adil merupakan politikus dari PKB.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Bengkalis, Adil dilahirkan pada 18 April 1972 di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Dia menyelesaikan studi S1 dan S2-nya di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Baca juga : Sebut Kemenkeu Iblis Setan, Ini Pernyataan Lengkap Bupati Meranti

Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Riau 2014-2019 dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Namun tidak tuntas. Ia kemudian hijrah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Adil yang saat itu berpasangan dengan AKBP (purn) Asmar memenangkan Pilkada 2020 dengan meraih suara sebanyak 37.116 dan unggul di 9 kecamatan.

Pendidikan

1. Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Alah Air (1978-1984)

2. SMPN 3 Selatpanjang (1984-1987)

3. SMAN 2 Selatpanjang (1987-1990)

4. Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (20027)

Sebelumnya, Bupati Meranti Muhammad Adil menuai kontroversi hingga heboh di dunia maya. Ia melontarkan pernyataan pedas saat rapat koordinasi nasional Pengelolaan Pendapatan Belanja Daerah di Pekanbaru, Kamis (9/12/2022) lalu.

M Adil kesal karena tidak mendapat kejelasan terkait Dana Bagi Hasil (DBH) yang diterima Kepulauan Meranti.

Menurut Adil, asumsi kenaikan jumlah produksi minyak Meranti pada tahun 2022 ada 13 sumur yang dibor. Pada tahun mendatang akan bertambah menjadi 19 sumur.

Berita Viral lainnya : KLIK DI SINI

Adil pun menyinggung Dana Alokasi Umum (DAU) 2022 yang di dalamnya tidak terdapat anggaran untuk gaji PPPK di Kepulauan Meranti.

Tak cuma mempertanyakan DBH dan anggaran PPPK, Adil bahkan menyebut Kemenkeu diisi oleh iblis dan setan. Dia juga mengancam akan bergabung ke Malaysia.

Itulah profil biodata Muhammad Adil, Bupati Meranti yang membuat geger gegara pernyataannya terkait DBH hingga mengancam akan gabung ke Malaysia.