Jelang Satu Abad, NU PAC GP Ansor Banjarsari Gelar Diklatsar Banser

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, CIAMIS – Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Ke-5. Kegiatan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Islah, Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, pada 13 sampai 15 Januari 2023.

Tajuk dari kegiatan tersebut adalah mencetak kader Ansor yang tangguh untuk menyongsong dan mensukseskan satu Abad NU.

Sebanyak 59 orang peserta meramaikan kegiatan itu. Mereka ialah utusan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Se-kabupaten Ciamis Selatan yang di antaranya dari peserta eksternal 12 Orang dari Kecamatan Purwadadi, Lakbok, dan Pamarican.

Ketua GP Ansor Kecamatan Banjarsari, Fadil Arif mangatakan, menjadi kader itu merupakan pemantapan diri mengenai Aswaja. Di samping itu, haruslah mengetahuk dan mengimplementasikan tentang wawasan kebangsaan.

“Kader harus kuat, tangguh serta cakap digital,” ucapnya, Jumat (13/1/2023).

Sebab, kata dia, di era yang serba canggih ini, bukan hanya pertahanan fisik yang diperkuat. Dalam hal ini penguasaan media harus ditekankan.

“Ini merupakan kewajiban juga amanah yang harus dilaksanakan pengurus Ansor, sebagai upaya mencetak generasi penerus yang berkualitas,” ujarnya.

Menurutnya, pasca dilaksanakannya diklatsar, alumni harus menyiapkan diri menjadi generasi penerus dan terus bergerak bersama membesarkan panji Ansor dan Banser serta senantiasa menjaga marwah NU di Banjarsari khususnya di Ciamis.

“Kita ketahui bersama, kegiatan ini merupakan langkah efektif dalam proses kaderisasi. Untuk itu, manfaatkan, persiapkan dan asah potensi diri melalui diklat Ini,” tandasnya.