Miris, Hadiri Rapat Paripurna Anggota Dewan ini Malah Asyik Main Game Slot, Langsung kena Sanksi

DIKSI NEWS13 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, JAKARTA – Heboh terjadi di DPRD DKI Jakarta ketika Anggota Dewan terlihat bermain game slot selama rapat paripurna. Insiden ini langsung membuat Fraksi PDIP DPRD Jakarta mengadakan rapat pimpinan (rapim) pada Kamis (20/7/2023).

Cinta Mega, Anggota DPRD DKI Jakarta, menjadi sorotan karena bermain game slot saat rapat. Salah satu akun Twitter Miss Tweet @Heraloebss berceloteh, dengan mengunggah video seseorang sedang bermain game slot yang diduga adalah Cinta Mega.

” Versi Dekat Bisa scroll begitu?? Tolong veteran Candy crush bisa jelaskan ini level berapa?” celotehnya.

Praksi PDI Perjuangan berencana memberikan sanksi kepada Cinta Mega atas perilakunya tersebut.

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta telah mengambil langkah sanksi berupa peringatan keras kepada Cinta Mega atas permainannya di ruang rapat paripurna. Cinta Mega menerima sanksi tersebut dengan tulus. “Saya dengan tulus meminta maaf,” kata Cinta Mega saat dihubungi, Jumat (21/7/2023).

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan bahwa mereka akan segera mengadakan rapat pimpinan untuk menentukan tindakan terhadap Cinta Mega setelah peristiwa tersebut menarik perhatian publik.

“Kami akan menindaklanjuti hal ini hari ini, kami akan mengadakan rapat pimpinan untuk menentukan langkah yang akan diambil terhadapnya. Apakah kami akan memberikan sanksi? Jenis sanksi apa? Semua akan kami putuskan dalam rapat siang ini,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono pada Jumat (21/7/2023).

“Keputusan akan diambil hari ini. Hal ini terkait dengan disiplin anggota dan menjaga etika sebagai seorang anggota dewan, terutama dalam ruang rapat paripurna,” tambahnya.

Gembong mengungkapkan bahwa fraksi tidak menutup kemungkinan akan memeriksa tablet milik Cinta Mega. Namun, dia juga menegaskan bahwa prinsip praduga tak bersalah harus dijunjung tinggi, dan mereka akan mempercayai keterangan dari kolega mereka.

“Kami akan memberikan kepercayaan pada awalnya, tetapi tentu saja kepercayaan ini akan diinvestigasi hari ini. Fraksi akan mengadakan rapat pimpinan untuk menyelidiki semua isu yang muncul di media, seperti itu,” jelas Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta ini.

Gembong menegaskan bahwa Fraksi PDIP akan tetap memberikan sanksi kepada Cinta Mega atas perbuatan bermain game di ruang paripurna. Ruang tersebut dianggap sakral karena merupakan tempat rapat antara eksekutif dan legislatif dalam menentukan kebijakan yang mempengaruhi nasib rakyat Jakarta.

Cinta Mega pun mengkonfirmasi bahwa dia akan menerima peringatan keras dari Fraksi PDIP. Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta ini juga menyatakan kesiapannya untuk menghadapi sanksi yang akan dijatuhkan.

“Sanksi pasti ada, tinggal seberapa berat sanksinya. Kalau sanksi ringan mungkin hanya peringatan sementara, kalau sanksi sedang mungkin peringatan tertulis tapi tidak terlalu keras, dan kalau sanksi berat berarti peringatan tertulis dan keras,” jelas Gembong.

Dia juga menyatakan bahwa sanksi peringatan ini akan dilaporkan kepada DPD PDIP DKI Jakarta, dan partai tersebut akan menentukan sikapnya sendiri.

“Namun, sebagai pimpinan fraksi, saya akan mengambil langkah-langkah untuk menegakkan kedisiplinan anggota kami agar insiden ini tidak terulang,” tambahnya.

Diketahui bahwa anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Cinta Mega, diduga bermain game slot online selama rapat paripurna bersama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, pada Kamis (20/7/2023). Rapat tersebut membahas tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2022.

Di meja Cinta Mega, terdapat sebuah tablet dengan layar yang cukup besar. Awalnya, dia terlihat sedang bercengkrama dengan koleganya yang ada di sampingnya. Salah satu akun twitter bernama Nutrisari dingin memberi penjelasan kepada netizen yang belum memahami maksud dari kejadian viral tersebut.

Gembong yakin bahwa peringatan keras ini akan ditindaklanjuti oleh DPD PDIP Jakarta dengan sungguh-sungguh. Dia menyatakan bahwa Cinta Mega berisiko tidak dapat maju sebagai calon legislator atau bahkan menerima PAW.

“Sanksi dari fraksi seperti ini pasti akan ditindaklanjuti. Misalnya, apakah yang bersangkutan masih pantas untuk dicalonkan sebagai anggota DPRD? Itu adalah keputusan dari DPD. Mungkin sanksi yang ringan atau bahkan dia akan diganti? Semua itu tergantung pada keputusan DPD. Kita tidak boleh sampai perilaku satu individu merusak citra positif partai dan fraksi,” tegasnya.