Batas Negara Terpanjang dan Terpendek di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

DIKSI KOGNISI7 Dilihat

DiksiNasinews.co.id – Batas negara adalah garis yang memisahkan wilayah suatu negara dengan negara lainnya. Panjang batas negara dapat bervariasi dari negara ke negara, tergantung pada ukuran dan letak geografis negara tersebut. Di bawah ini, kita akan melihat lima negara dengan batas terpanjang dan lima negara dengan batas terpendek di dunia.

Batas Negara Terpanjang:
  1. Australia – 25.760 kilometer: Meskipun Australia adalah sebuah benua, negara ini juga memiliki batas negara. Batas Australia membentang sejauh 25.760 kilometer dan sebagian besar merupakan perbatasan laut. Batas ini mencakup perbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini, serta perbatasan maritim dengan negara-negara lain di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
  2. Rusia – 22.408 kilometer: Rusia adalah negara terluas di dunia dan memiliki batas negara terpanjang. Batas negara Rusia terdiri dari perbatasan darat dengan 14 negara lain, termasuk Norwegia, Finlandia, Tiongkok, Mongolia, dan Kazakhstan. Total panjang batas negara Rusia mencapai 22.408 kilometer.
  3. Brasil – 16.885 kilometer: Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan dan memiliki batas negara sepanjang 16.885 kilometer. Batas ini mencakup perbatasan darat dengan sepuluh negara, termasuk Argentina, Bolivia, Kolombia, Guyana, dan Venezuela.
  4. Kazakhstan – 12.012 kilometer: Kazakhstan, negara terluas di Asia Tengah, memiliki batas negara sepanjang 12.012 kilometer. Batas ini terdiri dari perbatasan darat dengan lima negara tetangga, termasuk Rusia, Tiongkok, dan Uzbekistan.
  5. Canada – 8.893 kilometer: Kanada adalah negara dengan batas terpanjang kedua di dunia. Batas negara Kanada sebagian besar terdiri dari perbatasan darat dengan Amerika Serikat, membentang sejauh 8.893 kilometer. Batas ini melintasi berbagai jenis wilayah, termasuk pegunungan, hutan, dan danau.
Batas Negara Terpendek:
  1. Vatikan – 3.2 kilometer: Vatikan, negara yang diakui sebagai pusat spiritual dan administratif Gereja Katolik Roma, memiliki batas negara yang sangat pendek. Batas negara Vatikan hanya sepanjang 3.2 kilometer dan semuanya adalah perbatasan darat dengan Italia.
  2. Monako – 5.8 kilometer: Monako adalah negara terkecil di dunia, dan batas negaranya sangat pendek. Batas negara Monako hanya sepanjang 5.8 kilometer dan sebagian besar adalah perbatasan darat dengan Prancis.
  3. Nauru – 30.9 kilometer: Nauru adalah salah satu negara kepulauan terkecil di dunia. Batas negara Nauru hanya sepanjang 30.9 kilometer dan melingkupi seluruh pulau tersebut.
  4. Liechtenstein – 76.9 kilometer: Liechtenstein adalah negara terkecil kedua di dunia setelah Monako. Batas negara Liechtenstein sepanjang 76.9 kilometer dan semuanya adalah perbatasan darat dengan Swiss dan Austria.
  5. Kepulauan Marshall – 370 kilometer: Kepulauan Marshall, sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik, memiliki batas negara sepanjang 370 kilometer. Batas ini mencakup perbatasan laut dengan negara-negara terdekat seperti Kiribati dan Mikronesia.
Panjang batas negara dapat memberikan gambaran tentang kompleksitas geopolitik, hubungan antar negara, serta karakteristik geografis dan topografis wilayah-wilayah tersebut. Meskipun beberapa negara memiliki batas terpendek, penting untuk diingat bahwa ukuran batas negara bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kedaulatan dan kepentingan suatu negara.