Munas HIPMI Diwarnai dengan Adu Jotos, Aksi tak Terpuji Coreng Organisasi

DIKSI NEWS2 Dilihat

Cuplikan video yang beredar, menampilkan simpatisan Munas HIPMI yang berlangsung ricuh, Senin (21/11/2022).

Diksinasinews.co.id, Diksi News – Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) XVII di Solo, Selasa (22/11/2022). tercoreng lantaran adu jotos dan kericuhan mewarnai sidang munas.

Dari unggahan video amatir peserta munas yang beredar, terlihat peserta munas baku hantam satu sama lain. Hal ini menuai reaksi dari para senior Hipmi, sebagai suatu tindakan yang tidak terpuji dan sebetulnya tidak perlu terjadi, pasalnya kejadian telah mencoreng nama besar organisasi.

Ironisanya pertikaian itu seakan tidak mengindahkan kepentingan bersama. Kendati peserta munas lainnya mencoba melerai, namun peserta yang berkonflik tetap ngotot adu jotos. Alhasil pimpinan sidang munas sempat menunda kegiatan.

Insiden bermula ketika ada perbedaan pendapat dari peserta dengan pimpinan sidang. Kondisi saat itu sudah larut malam. Ada Satu pihak yang memaksa agar melanjutkan sidang. Tetapi pihak yang lain juga ada yang meminta untuk menunda pelaksanaan sidang. Di sanalah awal pemantik kericuhan terjadi.

Perdebatan yang tidak selesai dengan argumentasi berlanjut pada teriakan dan dorong-dorongan.

Kondisi makin memanas karena beberapa peserta ada yang mencoba melemparkan bangku kepada peserta lain. Ricuh pun tak terhindarkan. Setidaknya ada puluhan hingga ratusan peserta terlihat dari video tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung pembukaan munas tersebut. Munas Hipmi berlangsung selama tiga hari, 21-23 November 2022.

Jokowi mengamanatkan agar para pengusaha menjaga kondisi politik tetap adem. Namun kini Munas HIPMI XVII justru seperti layaknya arena pertempuran.

“Dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini, saya titip. Kita semua harus menjaga agar kondusivitas situasi politik itu tetap adem paling banter ya anget tapi jangan panas,” ujar Jokowi melansir saluran Youtube HIPMI TV, Senin (21/11/2022).

Menurut informasi yang berhasil dihimpun diksinasinews.co.id, Ketua Organizing Committee (OC) Munas Hipmi XVII, Muhammad Ali Affandi, menjelaskan kericuhan terjadi karena adanya kesalahpahaman.

“Kejadian itu di luar tempat munas. Dan terjadi pada saat kita menutup sidang pleno. Namun memang kami kesulitan untuk melerai. Padahal ini sekadar miskomunikasi saja,” kata Ali.

Mencoreng nama besar organisasi

Insiden itu juga sontak menuai reaksi dari Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Ia selaku senior Hipmi yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina BPP Hipmi merasa kecewa melihat kejadian itu yang sangat mencoreng organisasi.

“Saya mewakili senior-senior di Jakarta merasa sedih. Emosi, rasa sayang, campur aduk, atas kejadian, dinamika yang kurang elok terjadi dalam proses Munas

Ia sangat menyayangkan, kericuhan terjadi dalam Munas di tubuh HIPMI yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Tamu undangan yang hadir alumni HIPMI yang sudah menjadi menteri hingga ketua MPR.

“Kalau mempertontonkan terus kejadian memalukan ini , apa kata generasi muda? Apakah mereka akan menjadi pemimpin itu dengan berkelahi dulu untuk masuk ke organisasi ini?” imbuhnya.

Bahlil menjelaskan, Hipmi adalah organisasi intelektual yang menjadi tempat berkumpulnya enterpreuner yang punya cara pandang menyelesaikan masalah. Baginya, Hipmi juga merupakan organisasi yang punya martabat dan etika serta moralitas tinggi ketimbang dengan organisasi lain.

Bahlil memastikan, Munas Hipmi di Solo akan terus berlanjut hingga Rabu, 23 November 2022. Ia meminta seluruh peserta berkomitmen untuk melakukan Munas dengan dinamika yang sehat dan fair.

 

1 komentar

Komentar ditutup.