Polri Temukan Kualitas Pupuk Subsidi NPK di Bawah Standar, Pupuk Indonesia Buka Suara

banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, Jakarta – Terkait temuan Polri mengenai kualitas pupuk NPK yang berada di bawah ketentuan, PT Pupuk Indonesia (Persero) menanggapi hal tersebut. Pupuk subsidi NPK di bawah standar membuat pihak terkait angkat bicara.

Pihaknya mengaku dalam setiap pengujiannya, Pupuk Indonesia mengacu pada kualitas sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan demikian, pihaknya menepis temuan Polri terkait Pupuk subsidi NPK di bawah standar.

banner 336x280

“Kami lakukan pengujian secara berkala mengacu pada kualitas sesuai SNI dan komposisinya sesuai dengan peraturan pemerintah,” ungkap SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana melalui keterangan tertulis, dikutip Sabtu (24/12).

Dia mengatakan bahwa seluruh produk telah melewati serangkaian uji kualitas. Uji kualitas tersebut baik secara mandiri di laboratorium masing-masing anggota holding Pupuk Indonesia yang sudah tersertifikasi KAN (Komite Akreditasi Nasional), maupun melalui sejumlah laboratorium independen yang juga telah tersertifikasi.

Lebih lanjut, Wijaya menerangkan bahwa Pupuk Indonesia memproduksi pupuk bersubsidi jenis Urea dan NPK. Adapun pupuk Urea bersubsidi mengandung unsur hara Nitrogen (N) 46 persen.

Sedangkan pupuk NPK bersubsidi, sesuai surat dari Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian No. B-434 Tahun 2020, memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N) 15 persen Fosfor (P) 10 persen, dan Kalium (K) 12 persen.

SNI telah ditetapkan Pupuk Indonesia untuk berbagai jenis produk pupuknya, baik SNI wajib seperti SNI Pupuk Urea (SNI 2810 : 2010) dan SNI Pupuk NPK (SNI 2803 : 2012), maupun SNI sukarela.

Setiap tahun, lembaga sertifikasi produk juga rutin melakukan audit secara ketat terhadap produk pupuk yang diproduksi oleh Pupuk Indonesia.

Masih dikatakan Wijaya, pada 2022, pemerintah menetapkan alokasi pupuk bersubsidi sebesar 7,77 juta ton. Jumlah itu terdiri dari pupuk Urea 4,11 juta ton, pupuk NPK 2,98 juta ton, dan selebihnya adalah pupuk ZA, SP-36, dan organik.

banner 336x280

Komentar