José Álvares de Azevedo Sang Pelindung Pendidikan Tunanetra, Ulang Tahunnya Dirayakan Google Lewat Doodle

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Google – Doodle hari ini memperingati hari ulang tahun ke-189 dari José Álvares de Azevedo. Dia dijuluki Pelindung Pendidikan untuk Tunanetra dan pencipta sekolah pertama untuk tunanetra di Brasil. Hari ulang tahunnya juga diperingati sebagai Hari Braille Nasional.

Azevedo lahir pada hari ini tahun 1834 di Rio de Janeiro. Dia dilahirkan buta dan dikenal sangat cerdas dan sangat penasaran sebagai seorang anak – dia menyelidiki dunia di sekitarnya melalui sentuhan.

banner 336x280

Keluarganya mengirimnya ke Royal Institute of Blind Young People di Paris, satu-satunya sekolah yang mengkhususkan diri dalam pendidikan untuk tunanetra, dari usia 10 hingga 16 tahun.

Azevedo menghadiri sekolah pada saat itu sedang bereksperimen dengan sistem tulisan braille yang baru diperkenalkan.

Dia kembali ke Brasil pada tahun 1850 terinspirasi oleh dua tujuan: untuk memperjuangkan inklusi sosial bagi orang-orang buta di negaranya, dan untuk menciptakan sekolah yang mirip dengan yang dia pelajari di Paris.

Azevedo memberikan ceramah tentang mudahnya dan pentingnya mendidik tunanetra di mana pun dia berada, dari rumah keluarga hingga di hadapan Pengadilan Kekaisaran. Dia juga mengajarkan teman-teman Brasil yang buta cara membaca dan menulis braille.

Braille adalah sistem tulisan khusus yang dirancang untuk orang buta atau tunanetra. Dalam sistem braille, setiap huruf, angka, dan tanda baca direpresentasikan oleh kombinasi titik-titik kecil yang ditempatkan di dalam sel-sel braille, yang terdiri dari enam posisi yang dapat diisi atau tidak diisi.

banner 336x280