Legalitas Perusahaan Menjaga Bisnis Tetap Aman dan Mengurangi Risiko Usaha, Bagaimana Cara Pengecekannya ?

DiksiNasinews.co.id – Legalitas perusahaan adalah salah satu aspek yang penting dalam menjalankan bisnis. Mengecek validitas kongsi usaha sebelum melakukan kerjasama atau menggunakan jasanya dapat melindungi diri Anda dari risiko dan masalah di masa depan. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pemeriksaan lembaga usaha dan alasan pentingnya hal ini dalam dunia bisnis.

Periksa melalui Sumber Utama

Salah satu cara yang paling efektif untuk keabsahan lembaga usaha adalah dengan mengunjungi sumber utama yang berkaitan dengan pendaftaran perusahaan. Beberapa sumber yang dapat Anda gunakan adalah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Setiap sumber ini memiliki website resmi yang menyediakan informasi mengenai legalitas perusahaan.

Cek di Website Kemenkumham

Kemenkumham memiliki website yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa validasi. Dalam hasil pencarian, Anda akan melihat data perusahaan yang terdaftar secara legal berdasarkan Undang-Undang No. 40 tahun 2007. Anda juga dapat menghubungi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) untuk memverifikasi legalitas perusahaan secara manual.

Periksa di Website OJK

OJK adalah lembaga yang mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia. Website OJK menyediakan data perusahaan yang terdaftar dan diatur oleh OJK.  Anda dapat mencari dan memeriksa legalitas perusahaan yang ingin Anda ketahui. Anda akan menemukan informasi mengenai status perusahaan apakah legal atau tidak, serta data perusahaan mana yang tergolong ilegal.

Gunakan Website Kominfo

Kominfo juga menyediakan fitur untuk mengecek validitas kongsi usaha. Anda dapat memilih kolom “SE terdaftar” untuk melihat daftar perusahaan yang terdaftar secara legal, kolom “SE lama” untuk melihat perusahaan dengan legalitas yang telah lama terdaftar, atau kolom “SE dicabut” untuk melihat perusahaan yang izinnya telah dicabut dan tidak legal. Data yang ditampilkan mencakup nama perusahaan, sistem, dan website mereka.

Mengapa Legalitas Perusahaan Penting?

Legalitas perusahaan memiliki peran penting dalam bisnis dan untuk melindungi kepentingan Anda sebagai pengguna atau mitra bisnis. Berikut adalah alasan mengapa legalitas perusahaan sangat penting:

  1. Keamanan dan Kepercayaan:  Perseroan yang memiliki validitas mencerminkan keamanan dan kepercayaan dalam transaksi bisnis.
  2. Perlindungan Hukum: Perusahaan yang legal memiliki dasar hukum yang kuat. Anda memiliki perlindungan hukum yang lebih baik jika melakukan transaksi dengan perusahaan yang telah terdaftar secara legal.
  3. Kualitas dan Profesionalisme: Lembaga usaha yang legal juga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi standar kualitas dan profesionalisme sesuai ketetapan lembaga pemerintah terkait.
  4. Menghindari Penipuan dan Risiko:  Beberapa perusahaan ilegal mungkin menggunakan izin palsu atau tidak memiliki perlindungan hukum yang cukup.

Mengecek legalitas perusahaan adalah langkah bijak dalam dunia bisnis, melalui sumber informasi terpercaya dan meluangkan waktu untuk pengecekan, Anda dapat menjaga keamanan serta kepercayaan dalam transaksi bisnis Anda.