Doodle Google Istimewa Merayakan Ulang Tahun ke-25: Kisah di Balik Mesin Pencari Raksasa

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id – Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-25 pada Rabu (27/9/2023) dengan tampilan doodle khusus di laman pencariannya. Dalam perayaan ini, huruf-huruf G, o, o, g, l, dan e dalam kata “Google” bergerak-gerak dan berubah-ubah menjadi desain tulisan “G25gle” yang melambangkan usia perusahaan raksasa pencarian ini.

 

banner 336x280
Jika pengguna mengklik doodle tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman spesial perayaan ulang tahun Google yang ke-25, yang dihiasi dengan warna-warni dan taburan konfeti yang meriah.

Google mengucapkan terima kasih kepada para pengguna dan menyatakan momen ulang tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk merenung dan mengingat perjalanan panjangnya selama 25 tahun. Perusahaan ini membagikan sedikit kisah di balik berdirinya Google:

“Dengan takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90-an”

“Mereka segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses”

“Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik”

“Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google – sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir.”

GOOGOL

Dalam catatan sejarah Google, mesin pencarian ini awalnya bernama “Googol,” yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang mengiringi 100 angka nol, mencerminkan visi untuk menjadi tempat pencarian tak terbatas di dunia maya. Namun, terjadi kesalahan pengejaan oleh para investor sehingga nama “Google” lahir. Nama Google sejak itu menjadi sangat populer, dan saat ini menjadi favorit oleh 94% pengguna internet untuk mencari informasi.

Kisah di balik berdirinya Google bermula ketika Larry Page sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjana dan bertemu dengan Sergey Brin, yang saat itu adalah seorang siswa di sana. Keduanya memutuskan untuk bekerja sama dalam membangun mesin pencari dan fokus pada penentuan pentingnya halaman individual di World Wide Web.

banner 336x280