Doodle Google Istimewa Merayakan Ulang Tahun ke-25: Kisah di Balik Mesin Pencari Raksasa

DiksiNasinews.co.id – Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-25 pada Rabu (27/9/2023) dengan tampilan doodle khusus di laman pencariannya. Dalam perayaan ini, huruf-huruf G, o, o, g, l, dan e dalam kata “Google” bergerak-gerak dan berubah-ubah menjadi desain tulisan “G25gle” yang melambangkan usia perusahaan raksasa pencarian ini.

 

Jika pengguna mengklik doodle tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman spesial perayaan ulang tahun Google yang ke-25, yang dihiasi dengan warna-warni dan taburan konfeti yang meriah.

Google mengucapkan terima kasih kepada para pengguna dan menyatakan momen ulang tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk merenung dan mengingat perjalanan panjangnya selama 25 tahun. Perusahaan ini membagikan sedikit kisah di balik berdirinya Google:

“Dengan takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90-an”

“Mereka segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses”

“Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik”

“Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google – sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir.”

GOOGOL

Dalam catatan sejarah Google, mesin pencarian ini awalnya bernama “Googol,” yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang mengiringi 100 angka nol, mencerminkan visi untuk menjadi tempat pencarian tak terbatas di dunia maya. Namun, terjadi kesalahan pengejaan oleh para investor sehingga nama “Google” lahir. Nama Google sejak itu menjadi sangat populer, dan saat ini menjadi favorit oleh 94% pengguna internet untuk mencari informasi.

Kisah di balik berdirinya Google bermula ketika Larry Page sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjana dan bertemu dengan Sergey Brin, yang saat itu adalah seorang siswa di sana. Keduanya memutuskan untuk bekerja sama dalam membangun mesin pencari dan fokus pada penentuan pentingnya halaman individual di World Wide Web.

Pada akhirnya, Google berhasil menarik perhatian investor Silicon Valley, dengan salah satu pendiri Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan modal sebesar $100.000 kepada Larry dan Sergey pada Agustus 1998. Dengan investasi ini, Google Inc. resmi berdiri.

Sejak saat itu, Google terus berkembang dan menjadi mesin pencari yang tak tergantikan. Menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari miliaran orang di seluruh dunia. Google berkomitmen untuk mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat berguna secara universal.

Perayaan ulang tahun Google yang ke-25 ini, mengingatkan kita akan peran penting dari perusahaan. Mereka membantu kita menemukan informasi, terhubung dengan dunia, bekerja, bermain, dan melakukan banyak hal lainnya. Terima kasih telah berkembang bersama kami selama 25 tahun terakhir. Mari kita sambut masa depan dengan antusiasme.

Sumber:

Dengan ulang tahun yang ke-25 ini, Google menegaskan kembali peran pentingnya dalam dunia internet. Mereka, membawa kita semua menuju masa depan yang penuh inovasi dan penemuan baru. Selamat ulang tahun, Google! Semoga terus memberikan layanan yang bermanfaat kepada kita semua.