Gerhana Bulan Penumbra Minggu ini, Bisa Dilihat Mata Telanjang Lho

DIKSI KOGNISI1 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Bandung – Gerhana bulan Penumbra adalah fenomena alam yang menakjubkan dan telah terjadi berulang kali, yang bisa dilihat dari Bumi. Meskipun gerhana bulan tidak selalu terjadi, banyak orang yang sangat menantikannya untuk melihat keindahannya.

Jenis-jenis gerhana bulan

Gerhana bulan terjadi ketika bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Ada tiga jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan total terjadi ketika bayangan umbra Bumi menutupi seluruh permukaan bulan sehingga matahari, Bumi, dan bulan berada dalam satu garis yang sama. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika Bumi hanya menutupi sebagian dari sinar matahari yang menuju ke bulan sehingga hanya sebagian permukaan satelit bumi yang terlihat dalam bayangan penumbra.

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada dalam bayangan penumbra dan terlihat dengan warna yang gelap. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang dipantulkan oleh Bumi dan mengenai bulan dengan intensitas yang lebih rendah daripada sinar matahari langsung.

Gerhana bulan penumbra yang akan terjadi

Salah satu fenomena langka ini akan terjadi pada Sabtu, (06/05/2023), menurut informasi dari @InfoBMKGMaluku. Fenomena ini akan membuat pengamat melihat bulan menjadi gelap, tetapi tidak sepenuhnya tertutup.

Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak memerlukan peralatan khusus. Tapi, pastikan Anda berada di tempat yang memiliki pandangan yang baik ke arah bulan. Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang waktu dan lokasi fenomena langka yang akan terjadi di daerah Anda di internet.

Tidak ada keraguan bahwa gerhana bulan adalah fenomena alam yang sangat menakjubkan. Kita dapat menikmati keindahan alam ini dengan melihatnya dengan mata telanjang atau melalui peralatan khusus. Setiap jenis gerhana bulan memiliki ciri khasnya sendiri, yang membuatnya menjadi lebih menarik dan berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana bulan penumbra yang akan datang pada bulan Mei tahun 2023!