Indonesia Mengukir Sejarah: Hari Veteran Nasional dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

DIKSI KOGNISI6 Dilihat

DiksiNasinews.co.id – Setiap negara termasuk Indonesia, memiliki peristiwa bersejarah yang mengukir jejak dalam perjalanan pembangunannya. Di Indonesia, ada dua momen penting yang diperingati dengan bangga setiap tahunnya: Hari Veteran Nasional dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Dua peristiwa ini mungkin berbeda dalam fokusnya, tetapi keduanya saling terkait dalam membangun jati diri dan masa depan Indonesia.

Hari Veteran Nasional

Dirayakan pada tanggal 10 November sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Namun, uniknya, sejarah peringatan ini tidak selalu berlangsung pada tanggal yang sama seperti sekarang.

Pada awalnya, tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan yang merayakan jasa-jasa pahlawan nasional. Tapi pada tahun 1964, presiden pertama NKRI, Soekarno, menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Kebangkitan Nasional sebagai penghormatan kepada para pahlawan dan juga sebagai momentum mengingatkan kembali semangat juang bangsa.

Hari Veteran Nasional dalam sejarahnya memiliki akar dalam perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajahan. Dari peristiwa bersejarah seperti Pertempuran Surabaya hingga Proklamasi Kemerdekaan, pahlawan-pahlawan Indonesia berjuang tanpa kenal lelah untuk menjadikan bangsa ini merdeka.

Puncaknya adalah saat penandatanganan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) pada tahun 1966 oleh Soekarno kepada Soeharto yang mengubah arah politik Indonesia. Tanggal ini menjadi tonggak bersejarah yang mendorong perubahan besar di Indonesia.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Dirayakan pada tanggal 10 Agustus, merupakan peringatan yang lebih baru. Tanggal ini memperingati terbentuknya Kementerian Riset dan Teknologi (sekarang Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional) pada tahun 1973.

Pada masa itu, Bumi Pertiwi menghadapi tantangan dalam memajukan sektor teknologi dan penelitian. Dengan pembentukan kementerian tersebut, Indonesia mengambil langkah maju dalam mengembangkan sains, teknologi, dan inovasi.

Sejak saat itu, Indonesia terus berusaha untuk mengembangkan teknologi dan inovasi melalui berbagai program dan inisiatif. Dalam beberapa dekade terakhir, negara ini telah mencapai prestasi luar biasa dalam bidang teknologi, seperti perkembangan startup digital, peningkatan infrastruktur teknologi, dan partisipasi dalam penelitian ilmiah global.

Ketika merayakan kedua peristiwa bersejarah ini, kita mengingatkan diri kita sendiri akan semangat juang para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan dan perkembangan negara.

Keduanya memiliki arti penting dalam membentuk identitas dan arah Indonesia ke depan. Sebagai bangsa yang berbicara dengan suara sejarah dan teknologi modern, kita memandang ke masa depan dengan optimisme, menggenggam erat semangat perjuangan dan inovasi.