Merit Manajemen Sukses Antarkan Ciamis Raih Anugerah Meritokrasi

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Merit System adalah manajemen sumber daya manusia yang dipakai oleh Pemerintah Daerah ( PEMDA ) Ciamis. Sistem Merit ini menjadikan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin dan pensiun pegawai.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 menyatakan tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN). Pasal 1 mendefinisikan sistem merit sebagai kebijakan dan manajemen ASN.

Pasal ini mengambil dasar pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, dan memberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menerima Anugerah Meritokrasi tahun 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Kategori baik penerapan sistem merit.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menerima penghargaan tersebut dari KASN di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Kamis (08/12/2022).

“Bupati Ciamis sebelumnya telah mengambil langkah-langkah akselerasi perbaikan terhadap 8 (delapan) aspek penilaian penerapan Sistem Merit.  Manajemen ASN meliputi pembinaan karir pegawai di Kabupaten Ciamis dan kolaborasi bersama, maka patutlah kita menerima penghargaan tahun ini,” katanya.

Baginya, prestasi ini tercapai atas peran serta seluruh instansi perangkat daerah tanpa terkecuali.

Menurut Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Profesor Agus Pramusinto,

Gelaran anugerah meritokrasi ini untuk memberikan motivasi kepada instansi pemerintah agar melakukan percepatan sistem merit.

“Saat ini masih terdapat 243 instansi pemerintah yang belum mencapai kategori baik penerapan sistem meri,” tutur Agus.

Ia mengungkapkan, periode kali ini KASN menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit “Sangat Baik” dan “Baik”.

Terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih kategori “Sangat Baik” dan 144 peraih predikat “Baik”.

“Pencapaian anugerah tersebut merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran instansi pemerintah.

Yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya,” pungkasnya.