Hartono Bersaudara Kembali Duduki Singgasana Tahta Orang Terkaya di Indonesia, Siapa sih Mereka ?

DIKSI NEWS17 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Jakarta – Robert Budi Hartono dan Michael Hartono, yang dikenal sebagai Hartono bersaudara, kembali menduduki puncak daftar orang terkaya di Indonesia.

Sebelumnya, mereka sempat kehilangan posisi tersebut dan haruis rela menyerahkan tahta teratas kepada Low Tuck Kwong, pendiri Bayan Resources. Namun, saat ini mereka kembali berada di peringkat satu dan dua sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes per Juli 2023.

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono terus memegang posisi sebagai orang terkaya di Indonesia hingga saat ini. Keduanya memiliki total kekayaan mencapai US$ 51,2 miliar atau sekitar Rp 768 triliun (kurs Rp 15.000/dolar AS).

Menurut data Forbes Real Time Billionaires pada Kamis (6/7/2023), Robert Budi Hartono saat ini merupakan orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 26,2 miliar atau sekitar Rp 393 triliun. Ia juga menduduki peringkat ke-59 orang terkaya di dunia.

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes adalah : 
  1. Robert Budi Hartono memiliki kekayaan sebesar US$ 26,2 miliar atau sekitar Rp 394 triliun. Kekayaannya mengalami peningkatan sebesar 0,01% atau setara dengan US$ 2 juta.
  2. Michael Hartono berada di peringkat ke-2 sebagai orang terkaya di Indonesia dan peringkat ke-63 di dunia. Ia memiliki kekayaan mencapai US$ 25 miliar atau setara dengan Rp 375 triliun. Kekayaannya juga mengalami peningkatan sebesar 0,01% atau setara dengan US$ 2 juta.
  3. Low Tuck Kwong dengan kekayaan mencapai US$ 22 miliar atau sekitar Rp 330 triliun. Harta kekayaannya mengalami penurunan sebesar 0,77% atau sekitar US$ 171 juta.
  4. Sri Prakash Lohia dengan kekayaan US$ 7,2 miliar atau sekitar Rp 108 triliun. Kekayaannya mengalami kenaikan sebesar US$ 3 juta.
  5. Prajogo Pangestu dengan kekayaan mencapai US$ 5,9 miliar atau setara dengan Rp 88,5 triliun. Kekayaannya naik sebesar US$ 16 juta atau sekitar 0,32%.
  6. Chairul Tanjung dengan kekayaan US$ 5 miliar atau sekitar Rp 75 triliun.
  7. Tahir dan Keluarga dengan kekayaan US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp 64,5 triliun. Kekayaannya mengalami penurunan sebesar US$ 1 juta atau sekitar 0,03%.
  8. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono memiliki kekayaan sebesar US$ 4,2 miliar atau setara dengan Rp 63 triliun. Pada hari ini, kekayaannya mengalami penurunan sebesar US$ 114 juta.
  9. Djoko Susanto dengan kekayaan US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 60 triliun.
  10. Dewi Kam adalah satu-satunya perempuan yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 3,6 miliar. Namun, pada hari ini kekayaannya mengalami penurunan sebesar 0,92% atau setara dengan US$ 33 juta.
Mayoritas kekayaan Hartono bersaudara berasal dari PT Bank Central Asia (BCA), bank swasta terbesar di Indonesia yang mereka miliki. Mereka membeli BCA dari keluarga Salim saat terjadi krisis ekonomi pada 1997-1998.

Selain itu, kekayaan mereka juga berasal dari bisnis rokok melalui PT Djarum. Hartono bersaudara juga terlibat dalam bisnis e-commerce dengan Blibli sebagai salah satu perusahaan yang mereka miliki.

Hartono bersaudara adalah pengusaha berdarah Tionghoa. Budi Hartono adalah anak kedua dari Oei Wei Gwan, pengusaha Tionghoa-Indonesia yang memiliki Djarum.

Sedangkan Michael Hartono adalah anak ketiga dan memiliki nama Tionghoa Oei Gwi Siong. Kedua bersaudara ini telah membangun kerajaan bisnis mereka sendiri dan terus mengukir prestasi sebagai orang terkaya di Indonesia.