Unigal Gandeng Bumdes Hijaukan Ciamis Lewat Hutan Kampus

DIKSI NEWS0 Dilihat

Ciamis,diksinasinews.co.id – Sebagai upaya menciptakan ruang terbuka hijau di lingkungan kampus, Universitas Galuh (Unigal) akan menciptakan hutan kampus dan menanam tumbuhan kacang-kacangan di setiap fakultas.

Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr. Dadi mengungkap bahwa dari hutan kampus dan hasil kacang-kacangan, Unigal akan berkontribusi dalam membangun ekonomi masyarakat.

“Kita akan membuat kawasa hijau dengan menanam kacang inca tentu itu akan bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bisa menjadi daya tarik Unigal,” kata dia saat diwawancara, Rabu (11/10/2022).

Untuk memuluskan program tersebut Unigal berencana menggandeng para petani lokal dan BUMDes untuk memudahkan pemasaran.

“Petani nanti akan kita kasih bibit untuk kemudian kita beli lagi ke mereka tujuannya supaya roda perekonomian tetap berputar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dadi menjelaskan bahwa Unigal juga akan melakukan pembenahan dengan menata lahan parkir, karena menurutnya saat ini kawasan parkir Unigal terkesan semrawut.

“Kita tata kembali lahan parkir supaya semakin rapi nanti kita pisahkan antara mahasiswa, dosen dan pengajar,” ungkapnya.

Dia berharap program menanam kacang inca di setiap fakultas bisa menumbuhkan ekonomi lokal masyarakat Tatar Galuh dan menumbuhkan nilai budaya ciamis.

“Baik budaya maupun ekonomi harus maju, mari kita bersama-sama membangun Ciamis menjadi lebih baik,” pungkasnya.