Karang Taruna Desa Cisadap Gelar Pelatihan dan Pembinaan Kader

DIKSI NEWS4 Dilihat
banner 468x60

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman mengatakan Karang Taruna Desa Cisadap ini merupakan yang terbaik se-Kecamatan Ciamis dan sebagai Barometer bagi Karang Taruna Kecamatan Ciamis.

“Saya merasa bangga, Karang Taruna ini pernah membuat kegiatan lintas kecamatan bahkan lintas kabupaten, yaitu dengan Kabupaten Tasikmalaya,” ungkapnya.

banner 336x280

Utis juga mengatakan karang taruna harus bisa memperoleh legitimasi dan kepercayaan dari komponen lain yang sama-sama berpatisipasi dalam pembangunan desa/keluraharan, khususnya pembangunan dalam bidang kesejahteraan sosial.

Untuk dapat memperoleh legitimasi dan kepercayaan tersebut, Karang Taruna harus memiliki program kegiatan yang jelas dan terarah sesuai dengan kebutuhan serta permasalahan yang ada disekitarnya.

“Program kegiatan karang taruna harus berlangsung secara melembaga, terarah dan berkesinambungan serta melibatkan seluruh unsur generasi muda yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini permasalahan sosial merupakan suatu fenomena yang terjadi cenderung meningkat, tidak terkecuali dikalangan generasi muda sebagai dampak dari proses pembangunan, arus globalisasi, demokrasi dan perkembangan penduduk yang terus meningkat.

“Sebagai wujud tanggung jawab kita kepada masyarakat dan lingkungan, kita semua harus aktif berpartisipasi untuk mengatasinya,” tegasnya

Dikatakannya, Karang Taruna merupakan wadah pemuda, untuk itu karang taruna dituntut punya karya nyata yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Ia pun berharap adanya karang taruna bisa menjadi agen perubahan di wilayah Desa Cisadap ini.

“Karang Taruna harus berpartisipasi dalam meningkatkan aktivitas dalam upaya pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda melalui peningkatan keterampilan dan kemandirian serta harus mampu terlibat perannya dalam peningkatan kualitas taraf ekonomi masyarakat,” harapnya.

Kepala Desa Cisadap, H. M Muhlis sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut, menurutnya karang taruna harus bisa bersinergi dengan pemerintah desa juga mengedukasi dan berkolaborasi dengan Karang Taruna Unit yang ada di Desa Cisadap.

“Kami sangat mendukung juga mengapresiasi acara pelatihan dan pembinaan kader karang taruna merupakan hal positif untuk dapat menggali potensi dan pengembangan generasi muda. Semoga kedepannya Karang Taruna Desa Cisadap ini bisa lebih maju, berkarya, kompak dan tetap menjadi barometer Karang Taruna Kecamatan bahkan Karang Taruna Kabupaten Ciamis,” harap Muhlis.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Desa Cisadap lama, Azis Nurrahmat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan dan pembinaan bagi kader juga pengurus karang taruna yang baru.

“Agar para kader dan pengurus yang baru lebih mengetahui dan memahami seperti apa karang taruna itu, juga agar programnya lebih terarah,” katanya.

Azis juga berharap agar kepengurusan karang taruna yang baru tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan kepengurusan lama untuk membangun Desa Cisadap ini.

“Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi, berkoordinasi dan bersinergi untuk membangun dan memajukan Desa Cisadap ini,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Karang Taruna Desa Cisadap yang baru, Heri Riswan menurutnya pihaknya akan tetap bersinergi dan berkolaborasi juga akan melanjutkan program yang belum terlaksana.

“Kami akan tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan para pengurus lama untuk membangun Desa Cisadap yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Nank)

banner 336x280