KPU Ciamis Lantik 135 Anggota PPK, Sarno Maulana : Pelantikan Bagian dari Tahapan Pelaksanaan Pemilu 2024

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Komisi Pemihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melantik dan mengambil sumpah sebanyak 135 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Rabu (04/01/2023) di Aula Kyai H Ahmad Dahlan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhamadiyah Ciamis.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu, mengatakan bahwa pelaksanaan pelantikan PPK tersebut merupakan bagian dari tahapan menuju pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang yang akan diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Ciamis.

“Pada hari ini, seluruh KPU kabupaten/kota se-Indonesia melaksanakan pelantikan PPK sebagai tanda kesiapan dalam penyelenggaraan Pemilu. Ini merupakan bagian dari tahapan menuju pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang,” ungkapnya.

Dijelaskan Sarno, PPK yang dilantik berjumlah 135 orang, berasal dari 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis, masing-masing kecamatan memiliki 5 orang PPK yang akan menjadi panitia untuk melaksanakan semua tahapan dalam penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan.

“Ini merupakan tahapan yang sudah ditentukan oleh KPU RI dan KPU Provinsi, bahwa tanggal 4 januari tahun 2023 secara serentak melakukan pelantikan PPK. Dengan dilantiknya PPK ini, KPU Kabupaten Ciamis telah siap berbagi peran, berbagi tugas sesuai regulasi yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Sarno juga menjelaskan setelah pelaksanaan pelantikan PPK tersebut, ini juga merupakan kesiapan untuk menyelenggarakan pemilu tahun 2024, yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Febuari tahun 2024.

“Pasca pelantikan PPK di seluruh KPU se-Indonesia, maka baik KPU RI, provinsi, kota maupun KPU kabupaten ini sudah semakin siap dan mantap untuk melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 mendatang,” terang Sarno.

Menurut Sarno setelah pelantikan ini, KPU kabupaten akan mengarahkan, mensupervisi dan mengevaluasi dalam rangka menjaga integritas juga profesionalitas agar anggota PPK bekerja sesuai aturan dan regulasi yang telah ditentukan.

Sementara itu Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan bahwa, pelantikan PPK tersebut merupakan bagian dari tahapan pemilu yang akan digelar KPU Kabupaten Ciamis pada 2024 mendatang.

“Pemilu serentak nanti Insha Allah dapat berjalan lancar dengan cara menjalankan regulasi dan melaksanakan sumpah yang telah dilakukan,” katanya.

Yana juga mengungkapkan terkait pembiayaan PPK yang paling mendasar, salah satunya honor dan fasilitas sekretariat PPK. Selain dari KPU pusat, provinsi dan kabupaten/kota, itu juga merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

“Perihal pembiayaan atau fasilitas kesekretariatan disetiap kecamatan, kami akan melakukan rapat dengan para camat se-Kabupaten Ciamis dan akan kami realisasikan sesuai kemampuan daerah. Semua itu kami lakukan, selain menjadi tanggung jawab kami tetapi juga demi terlaksananya Pemilu yang berkualitas,” jelas Yana.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis, pihaknya mengucapkan selamat kepada para PPK yang baru saja dilantik.

“Selamat kepada bapak ibu semuanya yang baru saja dilantik, semoga menjadi penyelenggara yang berintegritas,” pungkasnya. (Nank/Ikbal)