MPC PP Ciamis Memberikan Santunan Korban Pergeseran Tanah Saguling, Tingkatkan Soliditas dan Aura Positif

DIKSI NEWS23 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Bencana pergeseran tanah menimpa sejumlah rumah warga di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis pada Sabtu (6/5/2023).

Jajaran Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Ciamis, menyambangi warga yang terdampak bencana alam tersebut guna memberikan donasi serta santunan. Rabu, (17/05/2023).

Ketua MPC PP Ciamis Dani Hendraningrat, memimpin rombongannya menuju lokasi kejadian. Dani menyatakan keprihatinannya atas kejadian memilukan yang menimpa warga Saguling tersebut.

“Ini adalah kejadian yang membuat kita sama sama terluka, kami dari PP siap untuk melakukan yang terbaik bagi Tatar Galuh. Hari ini kami mengunjungi para korban, setelah sebelumnya Pengurus Anak Cabang (PAC) Baregbeg melakukan aksi kemanusiaan terlebih dahulu, mengingat PAC ini terdekat ke lokasi” tutur Dani.

Dani menuturkan, jika santunan ini hanya sebagian kecil dari kegiatan positif PP di Ciamis. Periode sekarang menurut Dani akan lebih solid dan bersinergi dengan berbagai kalangan, karena pengisi jabatan struktural saat ini merupakan individu terpilih yang memang mempunyai jiwa kemanusiaan tinggi.

“Semoga struktural saat ini lebih meningkatkan aura positif yang sebelumnya sudah dibangun oleh para pendahulu PP di Ciamis” tambah Dani.

MPC PP Ciamis menyerahkan sejumlah bantuan, berupa sembako dan beberapa komoditas yang diperlukan oleh korban bencana. Beberapa aparat pemerintahan tampak mendampingi prosesi tersebut, terlihat Babinsa serta Babinkamtibmas setempat hadir saat penyerahan donasi dan santunan.

Umar (46) warga setempat, mengaku sangat berterimakasih dan salut dengan kesolidan yang diperlihatkan para anggota PP. Pemberian santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian yang memang warga butuhkan, hal ini sekaligus menepis beberapa stigma negatif PP beberapa waktu ke belakang.

“Saya tak menyangka, PP memperhatikan kami. Terima Kasih pak Ketua sudah mendatangi kami dan memberikan santunan” kata Umar.

Pergerakan cepat PP PAC Baregbeg pun, membuat Umar dan warga lain merasa terharu. Pada saat kejadian yang berlangsung cepat tersebut, PAC Baregbeg langsung melakukan tindakan.

“PAC Baregbeg sigap pada saat kejadian, kami merasa terbantu dengan aksi mereka” tambah Umar.

Kejadian pergeseran tanah di Saguling, membuat sekitar 5 rumah warga ambruk dan memerlukan perbaikan segera.

Sementara itu, Kepala Desa Saguling Otong menjelaskan bahwa dari lima rumah warga yang terdampak ada dua rumah yang mengalami ruksak berat akibat pergerakan tanah itu

Otong berharap kedua rumah tersebut mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, karena rusaknya cukup parah.