Dishub Kabupaten Ciamis Gelar Pembinaan SDM Pengelola Terminal: Fokus pada Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang

"Optimisasi Pengelolaan Terminal Ciamis: Strategi Baru Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024"

DIKSI NEWS3 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis mengadakan sebuah kegiatan penting: Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pengelola terminal di kawasan Tatar Galuh. Inisiatif ini bertujuan untuk mengasah pemahaman mendalam tentang tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) yang esensial dalam pengelolaan terminal, khususnya menjelang periode sibuk Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Materi dari Pakar Nasional

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Perhubungan Ciamis ini menandai langkah strategis dalam persiapan menyongsong hari-hari besar tersebut, dengan menghadirkan Edy Yulianto, seorang pakar nasional di bidang transportasi darat. Dalam presentasinya, Edy menekankan pada perubahan signifikan dalam pengelolaan terminal sesuai dengan Undang-Undang No 1 Tahun 2022.

banner 336x280

Beliau menjelaskan, “Terdapat pergeseran dalam beberapa aspek pengelolaan terminal, yang harus kita sikapi dengan pemahaman baru terhadap keselamatan angkutan darat.”

Tupoksi Pengelola Terminal

Materi pembinaan mencakup definisi dan fungsi terminal, halte, dan pangkalan, serta perbedaan antara angkutan pribadi dan umum. Lebih lanjut, Edy membahas tupoksi petugas terminal yang mencakup pemeriksaan KIR, kartu uji layak, dan ijin trayek.

banner 336x280