Prakiraan Cuaca Besok Menurut BMKG: Ada Hujan Petir di Beberapa Kota, Waspadalah!

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk Senin, 23 Oktober 2023. Sebagian wilayah Indonesia dihadapkan pada cuaca yang panas dan minimnya hujan.

Hujan disertai petir diprediksi akan terjadi di beberapa kota seperti Bandung, Pontianak, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Palembang, sementara hujan lebat diperkirakan di Medan.

Suhu di sejumlah wilayah Indonesia juga mengalami kenaikan yang cukup drastis. Suhu rata-rata berkisar antara 30 hingga 35 derajat Celsius, membuat beberapa wilayah terasa lebih panas dari biasanya.

Fenomena panas ini telah mendapat perhatian di media sosial, di mana banyak warganet mengeluhkan kondisi panas yang menyebabkan rasa gerah.

Penyebab dari suhu panas yang meningkat ini disebabkan oleh minimnya pertumbuhan awan dan perubahan dalam kondisi dinamika atmosfer.

El Nino, fenomena cuaca yang dipicu oleh interaksi kompleks antara atmosfer dan laut, juga turut berperan dalam meningkatkan suhu panas di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut perkiraan BMKG, suhu panas di Indonesia akan berhenti sekitar bulan Oktober 2023, sesuai prakiraan cuaca musim hujan akan tiba.

Kepala BMKG, Dwikorita menjelaskan dampak dari minimnya pertumbuhan awan, kecepatan angin, penutupan awan, dan tingkat kelembapan udara.

“Monsun Australia akan berubah jadi Monsun Asia. Memasuki wilayah Indonesia dan berpeluang hujan petir” kata Dwikorita.

Puncak dari musim hujan menurut perkiraan, akan terjadi pada bulan Januari sampai Februari 2024.

“Awal tahun sampai menjelang pemilu tahun depan, akan menjadi awal musim hujan menurut prakiraan kami” tambah Dwikorita.

Peringatan BMKG

Meskipun demikian, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 21-22 Oktober 2023. Kapal – kapal yang berlayar di perairan tersebut, perlu mewaspadai hal Ini.

Update Peringatan Dini Cuaca Wilayah – Jawa Barat Tgl. 22 Oktober 2023 pkl. 14:05 WIB
Prakiraan cuaca – BMKG – Jawa Barat

https://t.co/wg0xYyoZf2 pic.twitter.com/m2jMeNrcIV

Jaga Kesehatan

Saat menghadapi cuaca panas seperti ini, penting untuk menjaga kesehatan dengan minum air putih secukupnya, menjaga kebersihan tangan, menggunakan pelindung dari sinar matahari, menghindari aktivitas berat saat siang hari, dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Juga, perlu waspada terhadap masalah kesehatan pernapasan yang dapat muncul akibat kondisi udara panas dan kering. Selain itu, istirahat yang cukup juga menjadi faktor penting.