Info Gempa Terkini, Jember, Yogyakarta, Bali, dan Gorontalo Merasakan Guncangan

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, JAKARTA Info gempa terkini kali ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan di sepanjang hari ini, Selasa (6/12/2022) tercatat empat kali gempa yang terjadi.

Jawa dan Bali

Data yang berhasil BMKG laporkan, gempa dengan kekuatan M6,0 mengguncang Jember Jawa Timur (Jatim), Yogyakarta, hingga Kuta di pulau dewata Bali.

Selain melanda pulau Jawa dan Bali, Info Gempa terkini juga menggetarkan Gorontalo. Gempa terjadi pada pukul 15.01 WIB. Kekuatannya mencapai M4,8.

Melansir dari data BMKG, Episentrum gempa ini berada di laut, 72 kilometer selatan Gorontalo, dengan kedalaman 132 kilometer. Guncangannya terasa di Kota dan Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, juga Kabupaten Banggai Laut di Sulawesi Tengah, pada skala II-III MMI.

Akan tetapi guncangan gempa II MMI untuk sementara, menurut info gempa BMKG hanya gempa ringan yang jika kita ibaratkan seperti goyangan yang membuat benda ringan bergerak saja. Sebagian orang juga tidak merasakan adanya gempa.

Gorontalo

BMKG mencatat di Gorontalo terjadi setelah kejadian gempa M6,0. Jarak 223 kilometer selatan Jember, Jawa Timur. Lindu yang terjadi pukul 13.07 WIB ini sekaligus yang terkuat meski bisa terukur ‘hanya’ pada skala III MMI.

Papua

Info gempa selanjutnya, BMKG telah mencatat pada dinihari dan pagi tadi, masing-masing di Nabire, Papua Tengah, dan Tarutung di Sumatera Utara. Keduanya memiliki kekuatan M4,5 dan 2,8 dengan episentrum sama-sama di darat.

Baik Nabire maupun Tarutung sama-sama terguncang pada skala III MMI karena gempa-gempa tersebut. Namun getaran masih dalam batas wajar dan tidak terdapat ancaman. Akan tetapi, masyarakat haruslah tetap waspada.

Info gempa terkini yang penting untuk kita ketahui bahwa BMKG mencatat sebanyak tiga gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat, antara Senin dan Selasa pagi.

Sampai saat ini, total sudah terjadi 390 kali gempa susulan sejak guncangan M5,6 meluluh lantakkan puluhan ribu rumah dan menyebabkan lebih dari 300 orang tewas, pada 21 November 2022.

Demikian info gempa terkini kami sampaikan. Nantikan informasi lanjutannya, agar tetap terhubung dan menjadi peningkatan kewaspadaan kepada kita semua.