Seleksi Calon Perangkat Desa Sumpinghayu Netral dan Transparan

DiksiNasinews.co.id, CILACAP Seleksi penerimaan calon Perangkat Desa di Desa Sumpinghayu Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah berjalan netral dan transparan hasilnya ditentukan berdasarkan kemampuan masing masing peserta seleksi.

Tim penjaringan dan penyaringan perangkat desa (PanitiaTP3D), Pengawas, Kepala Desa, Unsur Muspika Kecamatan Dayeuhluhur, unsur kewilayahan Desa Sumpinghayu dan 4 orang awak media ikut serta mendampingi proses seleksi tersebut pada Jumat, (16/12/2022).

Seleksi perangkat desa ini untuk mengisi kekosongan dua posisi yakni Kepala Dusun dan Kasi Kesejahteraan yang diikuti oleh dua peserta Calon Kasi Kesejahteraan dan Tiga peserta calon Kepala Dusun.

Proses seleksi dimulai pukul 08.00 WIB. dengan test komputer dan wawancara, sementara untuk ujian tertulis dilaksakan setelah sholat jumat, karena soal ujian dibuat pada saat itu dengan maksud netralitas dan transparansi bahwa tidak ada indikasi kecurangan antara panitia, unsur kecamatan, pemerintahan desa dan peserta.

Kepala Desa Sumpinghayu Sanen mengatakan proses seleksi ini betul-betul dilaksanakan secara netral tanpa ada unsur kecurangan.

“Biarkan mereka yang menentukan kelulusannya dengan kemampuan mengerjakan semua test, baik ujian soal tertulis, wawancara maupun komputer,” Katanya.

Dirinya menambahkan bahkan untuk pembuatan soal ujian tertulis pun dibuat hari itu didepan semua orang yang hadir untuk menghindari kecurigaan kecurangan bahwa pelaksanaan dilaksanakan sesuai prosedur tanpa ada unsur kepentingan apapun dan siapapun.

Sementara Ketua Panitia TP3D Kartono mengaku tidak ada intervensi dalam hal perekrutan seleksi perangkat desa disini.

“Kami melaksanakan semua sesuai prosedur dan netral tanpa ada intervensi atau permainan, para peserta lebih baik bersaing sesuai kemampuan masing-masing,” tutur Kartono.

Akhirnya Wila Puspitasi terpilih menjadi Kepala Dusun dengan nilai total 88,5 dan Karmo terpilih menjadi Kasi Kesejahteraan dengan nilai total 95.

“Disini jelas terlihat seleksi hari ini berjalan dengan netral dan transparan selamat untuk Wila dan Karmo telah terpilih, itu semua atas kemampuan diri sendiri semoga kedepannya pun dapat bekerja dengan baik sesuai posisi yang dijabat,” tandasnya.