Bos Binance Resmi Umumkan Akuisisi Bursa Kripto FTX, Mau Bangkrut?

DIKSI FINANCE0 Dilihat

Diksinasinews.co.id – FTX.com, salah satu bursa kripto terbesar di dunia diakuisisi sementara oleh CEO Binance Changpeng Zao (CZ). Hal demikian Ia umumkan secara resmi, dikutip dari Coindesk, Rabu (9/11/2022).

Penandatanganan perjanjian sementara itu, CZ lakukan setelah khawatir adanya kebangkrutan bursa kripto yang berbasis di Bahama itu, yang menyebabkan perlambatan pencairan dana investor dan terjun bebasnya harga token FTX.

“Sore ini, FTX meminta bantuan kami,” tulis Changpeng Zhao melalui akun Twitter resminya. “Ada krisis likuiditas yang signifikan. Untuk melindungi pengguna, kami menandatangani [letter of interest] yang tidak mengikat, yang bermaksud untuk mengakuisisi penuh FTX.com.” lanjutnya.

Senada dengan itu, CEO FTX Sam Bankman-Fried juga mengkonfirmasi melalui akun Twitternya, ia menuliskan :”Segalanya telah menjadi lingkaran penuh, dan investor pertama, dan terakhir FTX.com adalah sama: kami telah mencapai kesepakatan tentang transaksi strategis dengan Binance untuk FTX.com (menunggu DD dll).”

Bankman-Fried diketahui telah menghilang dari daftar Bloomberg Billionaires Index setelah perkiraan kekayaan pribadinya anjlok hampir 94% menjadi US$991,5 juta dalam satu hari.

Sebelum krisis melanda, harta Bankman-Fried bernilai sekitar US$15,2 miliar. Tapi menurut Bloomberg hartanya hilang US$14,6 miliar hanya dalam semalam.

Bankman-Fried membuat janji besar awal tahun ini untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya, pada saat itu senilai US$21 miliar untuk amal.

Dia juga berjanji untuk menghabiskan hingga US$ 1 miliar untuk mendukung kandidat politik yang selaras dengan misinya yang lebih luas untuk mempersiapkan pandemi di masa depan.