Mbappe Menjaga Asa Menjadi Top Skorer Piala Dunia Termuda Usai Kalahkan Inggris, Amankan Tiket Semi Final

DiksiNasinews.co.id – Pemain muda potensial Prancis Kylian Mbappé Lottin ( Mbappe ) , menjaga asa peluang menjadi Top Skorer Piala Dunia 2022 berkat kemenangan tim Ayam Jago atas Inggris dengan skor akhir 2 – 1. Minggu ( 11/12/2022) 02:00 Wib.

Pemain kelahiran 20 Desember 1998 ini telah mencetak lima gol sepanjang Piala Dunia 2022. Striker PSG ini total mencetak 9 gol dalam 11 pertandingan di dua edisi Piala Dunia.

Mbappe menjadi pemain Prancis pertama, yang mampu meraih pencapaian tersebut. Hal ini juga membuatnya menjadi sejajar dengan jajaran top skorer seperti Eusebio, Christian Vieri, dan David Villa.

Mbappe menjadi pemain termuda yang menjadi top skorer Piala Dunia. Usianya baru mencapai 23 tahun 349 hari ketika tampil pada laga Perancis vs Polandia.

Babak Pertama

Stadion Al Bayt menjadi arena yang mempertontonkan sepak bola agresif dari kedua kesebelasan.

Inggris mendominasi jalannya pertandingan dengan 58% penguasaan bola, berbanding 42% milik Prancis.

The Three Lions membuat 503 operan, lebih banyak dari yang dilakukan le blues sebanyak 378 kali.

Harry Maguire Cs membuat 18 kali tembakan sepanjang pertandingan, 8 tendangan mengarah gawang namun hanya 1 gol yang tecipta.

Berbanding terbalik dengan squad Oliver Giroud Cs yang hanya membuat 8 kali tembakan dan 5 diantaranya menuju gawang yang dijaga oleh Jordan Pickford.

Tensi pertandingan yang tinggi menghasilkan 24 pelanggaran dan membuahkan 4 kartu kuning untuk kedua tim.

Aurélien Tchouaméni mengejutkan pendukung Inggris, tatkala berhasil memanfaatkan umpan Antoine Griezmann pada menit ke – 17. Prancis mempertahankan skor hingga sang pengadil lapangan meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Harry Kane menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke 54 setelah Wasit memberi hadiah penalti untuk Inggris dan menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Griezmann kembali menjadi pemain kunci yang membawa kemenangan bagi Prancis. Umpannya memanjakan Giroud yang membawa Prancis unggul 2 – 1 pada menit ke 78.

Wasit memberikan hadiah penalti untuk inggris di menit ke 81, namun Harry Kane yang menjadi algojo 12 pas gagal memanfaatkan momen tersebut.

Wasit meniup peluit panjang babak kedua setelah mendapat tambahan waktu selama 8 menit. Rashford Cs menangis di lapangan karena gagal menjemput tiket semi final mereka di Piala Dunia kali ini.

Fun Fact
  • Prancis memastikan semi final ke 7 kalinya dalam Piala Dunia setelah kemenangan mereka atas Inggris.
  • Inggris mempunyai angka keramat, setelah menderita kekalahan dari Prancis maka mereka mempunyai catatan 7 kali gagal dalam perempat final, Lebih banyak dari tim manapun dalam sejarah Piala Dunia.
  • Didier Deschamp meraih 13 kali kemenangan di Piala Dunia, dengan 17 laga sebagai pelatih. Torehan ini membuatnya berpeluang menyusul Felipe Scolari dengan 14 kemenangan dan Helmut Schon yang mempunyai 16 kemenangan.