Hyundai dan KIA di AS Pekerjakan Anak di Bawah Umur

banner 468x60

Setelah laporan sebelumnya oleh Reuters tentang pekerja anak di pemasok SMART dan SL, kepala operasi Hyundai, José Muñoz, mengatakan kepada kantor berita bahwa dia memerintahkan departemen pembelian pembuat mobil untuk menghentikan bisnis dengan pemasok yang disebutkan dalam laporan berita “sesegera mungkin.

 

banner 336x280

” Dia juga mengatakan perusahaan akan menyelidiki semua pemasok untuk operasi Hyundai di Alabama. Hyundai, Muñoz menambahkan, akan berusaha untuk mengakhiri penggunaan agen kepegawaian pihak ketiga yang diandalkan oleh banyak pemasoknya untuk memeriksa dan mempekerjakan pekerja,” tulis Reuters.

 

Hyundai sekarang mundur dari pernyataan Muñoz.

 

Dalam pernyataannya baru-baru ini kepada Reuters, Hyundai mengatakan telah membatalkan rencananya untuk menghentikan pemasok tempat pekerja di bawah umur bekerja. Dua dari pemasoknya, SMART dan SL, telah mengambil “tindakan korektif” untuk memecat agen kepegawaian yang menurut mereka bermasalah, katanya.

 

Memperhatikan “peran ekonomi penting” yang dimainkan oleh pembuat suku cadang di banyak kota kecil Alabama, Hyundai menambahkan, “pengawasan tambahan adalah jalan yang lebih baik saat ini daripada memutuskan hubungan dengan pemasok ini.”

 

Hyundai menolak menyediakan COO Muñoz untuk wawancara lanjutan.

 

Penggunaan agen kepegawaian pihak ketiga adalah praktik umum di antara produsen dan sektor padat karya lainnya di seluruh Amerika Serikat. Taktik tersebut telah lama dikritik oleh para aktivis buruh karena memberikan pemilik pabrik dan pemberi kerja lain kemampuan untuk mengalihdayakan tanggung jawab atas penyaringan, perekrutan dan kepatuhan terhadap peraturan tenaga kerja mereka.

 

Pihak berwenang pertama kali mengetahui pekerja anak di antara pemasok otomotif pada awal 2021. Seorang pejabat sekolah di pedesaan Butler County di Alabama mengatakan kepada pejabat negara bagian bahwa beberapa anak – termasuk setidaknya satu gadis imigran berusia sekitar 12 tahun – tampaknya bekerja di Hwashin, pembuat suku cadang. di Greenville. Pabrikan yang membuat bagian tubuh logam di sebuah pabrik seluas empat lapangan sepak bola, kini menjadi pemberi kerja terbesar di kota yang dulu lebih dikenal dengan pertanian kapas.

 

Setelah tip tersebut, pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mulai memeriksa Hwashin. Keterangan rahasia dan pejabat berbicara dengan syarat mereka tidak diidentifikasi dengan nama atau agensi.

 

Bahkan saat pihak berwenang menyelidiki, seorang migran berusia 14 tahun direkrut ke lantai pabrik di Hwashin. Ayah gadis itu mengatakan dia dan putrinya tiba di Alabama empat tahun sebelumnya, setelah menempuh perjalanan jauh dari Guatemala. Remaja itu terlihat lebih muda dari usianya. Dalam kunjungan ke rumah mereka, sebuah rumah kecil yang ditempati oleh para migran lain di selatan Greenville, Reuters bertemu dengan gadis itu, yang tingginya lebih dari empat kaki, dengan pipi kemerahan dan senyum malu-malu.

 

Awal tahun ini, sang ayah telah bekerja pekerjaan unggas. Bermasalah dengan pendapatan keluarga yang sedikit dan berharap untuk mengirim uang ke keluarga di Amerika Tengah, gadis, yang tidak bersekolah, bertanya kepada ayahnya apakah dia juga bisa mendapatkan pekerjaan, katanya. Dia setuju.

“Saya berharap saya mengatakan tidak,” katanya.

Pada bulan April, sang ayah beralih ke perekrut berbahasa Spanyol yang secara teratur mencari pekerja. Perekrut, kata sang ayah, bekerja untuk sebuah perusahaan yang dikenalnya sebagai JSS, sebuah nama yang akrab di daerah itu sebagai agen kepegawaian pemasok Hyundai. Reuters tidak dapat menghubungi perekrut.

“Jelas ada anak di bawah umur,” ungkapnya.

Dalam catatan, pihak berwenang menulis anak-anak menggambarkan “eksploitasi dari jeratan utang (membayar utang penyelundupan).” Mereka menambahkan bahwa “perusahaan jasa tenaga kerja pihak ketiga” yang tidak disebutkan namanya membuat para pemuda percaya bahwa mereka dapat dikeluarkan dari Amerika Serikat.

“Beberapa anak menyatakan takut dideportasi berdasarkan komentar yang dibuat oleh pejabat perusahaan kepada mereka,” kata catatan tersebut.

banner 336x280