Kampoeng Amsterdam di Garut, Sisa Kolonial Belanda yang Masih Bertahan

DIKSI TRAVELING12 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, DiksiTravel – Bagi sebagian masyarakat dan wisatawan, banyak yang mulai menggandrungi obyek wisata Kampoeng Amsterdam di Garut Jawa Barat. Kini obyek wisata ini mulai menjelma memiliki daya tarik yang mempesona.

Selain daripada keindahan alam pegunungan dan kesejukan udaranya, objek wisata baru ini juga menyimpan bukti sejarah kehidupan bangsa Belanda di Kabupaten Garut.

banner 336x280

Kita semua mengetahui, karena saking lamanya Pemerintah Kolonial Belanda menginjakan kakinya di bumi Nusantara, hal itulah yang menjadi alasan jejak peninggalannya masih terdapat di perkebunan teh Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada di wilayah yang terkenal dengan nama Kampoeng Amsterdam, tepatnya di kaki Gunung Cikuray, obyek wisata perkebunan teh ini pernah menjadi lumbung teh kebanggaan para meneer Belanda.

Bekas kejayaan memang masih bisa terlihat utuh. Seperti rumah, kantor, hingga fasilitas irigasi. Semuanya di obyek wisata edukasi ini masih berfungsi dengan baik hingga kini.

Perkampungan warga ini hanya memiliki sekitar 12 rumah yang dihuni oleh 24 orang warga. Uniknya, mereka menempati rumah-rumah peninggalan Belanda dengan tidak merenovasinya sama sekali.

Alasan para penghuni tidak melakukan pembaharuan kontruksi bangunan, sangat mungkin kita duga adalah dalam rangka melestarikan nilai orisinal dari bangunan-bangunan tersebut. Rata-rata bangunan bekas Belanda di Kampoeng Amsterdam ini adalah buatan 1913. Meskipun telah uzur, beberapa di antaranya masih berfungsi baik hingga kini.

Irigasi untuk perkebunan teh

Selain daripada bangunan rumah, terdalat pula jembatan irigasi air sepanjang 200 meter yang masih berfungsi meskipun hanya satu jalur.

Mengutip dari GoodNews From Indonesia, awalnya jembatan saluran irigasi itu dua ruas. Namun, gempa besar yang pernah menghantam Garut 2008 lalu merobohkan satu instalasi.

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan kampung bernilai sejarah ini. Sejak awal November 2016 lalu, area perkebunan teh yang berada di depan kampung disulap menjadi tempat beristirahat untuk para wisatawan yang datang. Juga terdapat seperti balai pohon, dan balai menyerupai perahu sebagai objek berswafoto oleh para pengunjung.

Cocok untuk Selfi

Tak kalah menarik, di Kampoeng Amsterdam itu pun terdapat rumah pohon, yang sangat bagus untuk pengambilan angel untuk ner swafoto.

banner 336x280