Uji Kompetensi Wartawan dan Jurnalis, Lulus 100 % Ini Rekor Baru Sepanjang Sejarah

DIKSI NEWS8 Dilihat

Diksinasinews.co.id, Palembang, Sumsel – Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) dan Uji Kompetensi Jurnalis ( UKJ ) adalah proses wartawan serta jurnalis untuk meraih enam tujuan Sertifikat Kompetensi Wartawan ( SKW ). Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017 merincikan enam tujuan SKW tersebut sebagai bekal wartawan dalam mengemban tugas.

Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) menggandeng Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI ) menggelar serentak UKW dan UKJ di tempat yang sama. Peserta yang mengikuti UKW dan UKJ masing – masing sebanyak 18 orang , total 16 peserta.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru, S.H., M.M melalui Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Firmansyah membuka acara yang bertempat di Ballroom Hotel The Alts Palembang ini. Minggu ( 04/11/2022 ).

Firmansyah menyampaikan permohonan maaf Gubernur, pada kesempatan ini berhalangan hadir karena ada pekerjaan yang mendesak.

Ia juga mengucapkan selamat kepada PWI Sumsel yang sudah mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat, dalam penyelenggaraan UKW terbaik tingkat nasional.

“Saya sangat mengapresiasi teselenggaranya kegiatan ini, karena ini bagus untuk peningkatan ilmu kejurnalisan, sehingga menjadi wartawan yang kompeten,” ucapnya.

Firmansyah melanjutkan dewasa ini membutuhkan wartawan yang berkompeten, agar bisa menyajikan berita atau informasi yang baik dan benar kepada masyarakat.

Wartawan yang berkompeten tidak akan menyebarkan berita bohong (Hoax) juga ujaran kebencian.

“Kami berharap dengan adanya UKW ini bisa melahirkan wartawan yang berkompeten dan berkualitas, serta bisa bekerjasama dengan Pemprov Sumsel,” jelas Firmansyah.

Panitia menggelar juga literasi tentang pengaduan media kepada Dewan Pers tahun 2022. Kegiatan tersebut atas kerjasama PWI, IJTI Sumsel dengan Pemprov Sumsel.

Dalam acara itu PWI Sumsel mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat sebagai penyelenggara UKW terbaik tingkat nasional.

Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar mengatakan, dalam UKW angkatan 41 ini, awalnya ada 18 peserfa yang mendaftar, namun saat pelaksanaan satu orang peserta mengundurkan diri karena sakit.

“Iya 17 peserta semuanya lulus, hanya satu orang yang tidak lulus karena sakit dan mengundurkan diri, jadi tidak bisa hadir untuk mengikuti UKW, ini” katanya, Senin (05/12/2022) ketika acara penutupan UKW dan UKJ.

Menurutnya, UKW merupakan kebijakan dari Dewan Pers untuk memfilterisasi wartawan yang sudah berkompeten atau belum.

Firdaus mengungkapkan dari 17 orang peserta, enam orang untuk Muda, Lima Madya dan enam orang Utama.

Penguji menyatakan seluruh peserta melalui semua tahapan test dan lulus 100%. Pencapaian ini mencetak rekor baru sepanjang sejarah pelaksanaan UKW.

“Ini pertama kali terjadi, 17 orang peserta yang ikut UKW, semua dinyatakan lulus,” ungkapnya.

Firdaus juga mengingatkan kepada seluruh wartawan, ketika melaksanakan tugasnya agar selalu mentaati kode etik jurnalistik dan memiliki pengetahuan serta skill (Ketrampilan) dalam mendapatkan data serta penyajian berita. Ia juga menyampaikan bahwa dalam hal pelaksanaan UKW, PWI Sumsel mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat.

“Alhamdulilah PWI Sumsel mendapatkan penghargaan terbaik dalam penyelenggaraan tes UKW tingkat nasional dan ini suatu prestasi yang sangat beharga,” jelasnya.

(Bahtum)