Hadiri Musker Karang Taruna Kelurahan Maleber, Ega Anggara : Ini Sesuai Mekanisme Organisasi

DIKSI NEWS7 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Pemilihan ketua karang taruna, seharusnya dilaksanakan secara demokrasi dan mekanisme organisasi. Hal itu diungkapkan Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar ketika menghadiri Temu Karya Karang Taruna Nusa Bhakti Kelurahan Maleber, pada, Jumat (06/01/2023) di Saung Pedal Gas Bubulak Lingkungan Bojonghuni, Kelurahan Maleber Ciamis Jawa Barat.

Temu Karya yang dikemas dalam “Musyawarah Kerja (Musker) Warga Karang Taruna” itu untuk memilih ketua baru periode 2023-2028. Dalam Musker itu ada dua orang kader Karang Taruna Kelurahan Maleber menjadi calon ketua, Aceng Mulyana dan Adi Nugraha.

Pemilihan dilaksanakan melalui pemungutan suara. Secara demokrasi, Aceng Mulyana terpilih menjadi Ketua Karang Taruna Nusa Bhakti Kelurahan Maleber periode 2023-2028 menggantikan ketua lama, Ude Chandra yang habis masa jabatannya. Aceng Mulyana mendapatkan 12 suara, sementara Adi Nugraha memperoleh 1 suara.

Dalam kesempatan itu Ega Anggara mengatakan, atas nama Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis pihaknya merasa bangga dan sangat mengapresiasi musyawarah untuk pemilihan Ketua Karang Taruna Kelurahan Maleber yang baru, dilaksanakan dengan menempuh mekanisme organisasi.

“Untuk pemilihan ketua karang taruna, seharusnya seperti ini secara demokrasi dan mekanisme organisasi dilaksanakan,” ucapnya.

Menurutnya, walaupun ada sedikit kendala, itu merupakan dinamika bagian dari sebuah perencanaan atau perhelatan. Tetapi yang lebih utama dalam proses pelaksanaan musyawarah tersebut dari awal sampai akhir ini melalui mekanisme organisasi yang sesungguhnya

Dalam musyawarah tersebut lanjut Ega, dua orang kader terbaik mewakili rekan-rekan nya di Karang Taruna Kelurahan Maleber menjadi calon ketua. Dari proses pemilihan hingga terpilihnya ketua baru berjalan secara demokrasi dan sesuai dengan mekanisme organisasi.

“Kita karang taruna sedang belajar untuk melakukan demokrasi yang sesungguhnya. Alhamdulillah secara demokrasi terpilih dan mufakat semua, kang Aceng terpilih menjadi Ketua Karang Taruna Kelurahan Maleber,” ungkap Ega.

Ega berharap, Ketua Karang Taruna Kelurahan Maleber yang baru bisa membawa karang taruna khususnya pemuda-pemudi yang ada di Kelurahan Maleber ini lebih baik, lebih maju, memiliki karakter tersendiri dan lebih mandiri.

“Saya harap Karang Taruna Kelurahan Maleber kedepanya bisa lebih aktif dalam menggali dan mengembangkan potensi para pemuda, lebih peduli terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat,” harapnya.

Adapun program yang belum terlaksana oleh kepengurusan yang lama semoga bisa terselesaikan, sekiranya sudah menjadi sesuatu yang baik dapat diteruskan dan menutupi segala kekurangannya untuk kemajuan masyarakat yang ada di Kelurahan Maleber.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman sangat mengapresiasi dan menyambut gembira kegiatan temu karya tersebut menurutnya hal ini sebagai ajang pemupukan tali silaturrahim, persaudaraan, pengembangan minat dan bakat pemuda yang ada di Kelurahan Maleber.

“Saya sangat mendukung Musker ini, semoga menjadi nilai yang positif bagi pengembangan generasi muda dan bisa menciptakan kemandirian dalam berbagai hal,” jelasnya.

Utis berharap, kegiatan karang taruna hendaknya bisa mendukung program kelurahan dan bisa dikolaborasikan dengan berbagai bentuk kegiatan sesuai dengan program yang ada di Kelurahan Maleber.

Menurut Utis, nantinya ketua beserta pengurus yang baru serta para kader Karang Taruna Kelurahan Maleber diharapkan mempunyai jiwa sosial yang tinggi juga bisa mengabdi ditengah masyarakat.

“Karang Taruna hendaknya menjadi rumah bersama dalam menangani berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat, sekaligus sebagai upaya juga dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di kelurahan Maleber ini,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap individu Karang Taruna hendaknya bisa mengambil peranan yang positif dalam berbagai kehidupan agar bisa mempunyai nilai manfaat bagi orang lain.

Karang Taruna harus memilki tujuan yang sama dengan pemerintah, yaitu mengatasi berbagai permasalahan sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan pembangunan.

“Kita sebagai pemuda mempunyai peran dan fungsi di tengah-tengah masyarakat, generasi muda harus mampu memberikan kontribusi dalam setiap sisi pembangunan, mulai dari sosial, ekonomi, keagamaan, lingkungan, peningkatan SDM, dan pembangunan,” tandasnya.

Karang Taruna juga harus bisa berinovasi, berkreasi dan bersinergi dengan semua stakeholder/pemerintah di semua tingkatan, agar bisa sejahtera dan yang paling utama bisa memiliki prestasi dan menghasilkan karya.

“Pengurus Karang Taruna ditingkat kelurahan harus bisa bekerja sama dengan lurah dalam melakukan segala bentuk kegiatan sosial maupun kegiatan ekonomi,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Nusa Bhakti Kelurahan Maleber terpilih, Aceng Mulyana menambahkan langkah awal yang akan dilakukannya adalah membentuk kepengurusan, lalu melanjutkan program yang sudah ada juga menjalankan program yang belum dilaksanakan oleh ketua dan kepengurusan sebelumnya.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri makanya akan saya bentuk kepengurusan. Saya juga akan meneruskan program yang sedang maupun belum dilaksanakan oleh kepengurusan kang Ude. Semoga saya bisa menjalakan amanah ini,” ujarnya.

Musker Karang Taruna Nusa Bhakti Kelurahan Maleber tersebut dihadiri perwakilan 13 Karang Taruna Unit se-Kelurahan Maleber, Ketua Karang Taruna Kecamatan, Utis Kustiaman, Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar, Humas Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Yun Gunawan, Kasi Pelayanan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Maleber. (Nank/Ikbal)