Hari Polisi Wanita (POLWAN): Peran dan Dedikasi dalam Mewujudkan Keamanan

DIKSI NEWS2 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Jakarta – Setiap tanggal 1 September, kita memperingati Hari Polisi Wanita (POLWAN). Hari ini adalah saat yang tepat untuk menghormati peran penting yang diemban oleh para polisi wanita dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sejarah Hari Polisi Wanita (POLWAN)

Hari Polisi Wanita pertama kali diperingati di Indonesia pada tahun 1965. Ini adalah langkah penting untuk mengakui kontribusi yang signifikan dari anggota Polwan dalam mengemban tugas mereka. Mereka bekerja dengan tekun dalam berbagai bidang, termasuk patroli, penyelidikan, penegakan hukum, dan banyak lagi.

Peran dan Kontribusi Polwan

Polisi Wanita memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Mereka tidak hanya melakukan tugas-tugas penegakan hukum, tetapi juga berperan sebagai perwakilan yang baik dari polisi dalam komunitas. Mereka berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai situasi, dari membantu korban kejahatan hingga memberikan informasi penting tentang keselamatan.

Selain itu, Polwan juga berperan dalam mengatasi kasus-kasus yang melibatkan wanita dan anak-anak, memberikan dukungan khusus kepada mereka yang menjadi korban kekerasan atau pelecehan.

Komentar dari Kapolri dan Kapolda Metro Jaya

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengomentari Hari Polwan sebagai berikut: “Saya ingin mengucapkan selamat Hari Polisi Wanita kepada semua anggota Polwan di seluruh Indonesia. Kontribusi dan dedikasi Anda dalam menjaga keamanan negara tidak dapat diukur dengan kata-kata. Kami sangat menghargai upaya Anda dalam menjalankan tugas-tugas Anda dengan penuh semangat dan keberanian.”

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, juga menambahkan, “Polwan di wilayah Metro Jaya telah berperan penting dalam menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat ibu kota. Kami berterima kasih atas dedikasi Anda dalam menjalankan tugas-tugas berat ini.”. Kamis, (31/08/2023).

Menghargai Dedikasi Polwan

Hari Polwan, adalah kesempatan bagi kita semua untuk menghargai dan mengakui peran penting yang menjadi tugas Polwan. Terutama, peranan mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Mereka, bekerja keras setiap hari untuk melindungi kita semua. Sesungguhnya, penghargaan kita adalah salah satu bentuk dukungan yang dapat kita berikan.