Kemarau Panjang Ciamis Surutkan Debit Cileueur, Petani Harap Perumdam Tirta Galuh Hentikan Pengambilan Airbaku Ampera

DIKSI NEWS9 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Kemarau panjang tahun 2023, telah membawa kesengsaraan ke petani di Kabupaten Ciamis. Salah satu akibatnya adalah, penurunan tajam debit air Sungai Cileueur.

Mengutip kontenindonesia.com, warga Desa Mekarjadi, Kecamatan Ciamis, yang juga Sekretaris Forum Peduli Lingkungan Tatar Galuh (PELITA) Ciamis, Mumu, mengungkapkan keprihatinannya atas situasi ini.

banner 336x280

“Sungai Cileueur kini hampir menjadi seperti kali, sangat surut. Dulu, alirannya perlahan naik dan turun, tapi sekarang pasang surut berlangsung dengan cepat,” ujar Mumu, yang merupakan warga asli Desa Mekarjadi. Jumat, (29/9/2023).

Dampak Pengambilan Airbaku Cileueur

Di wilayahnya, terdapat areal persawahan dan banyak petani kolam yang merasa terdampak oleh penurunan debit air. Salah satu penyebab berkurangnya debit adalah, masih berlangsungnya pengambilan air baku dari sungai Cileueur oleh PDAM.

“Harapannya Perumdam Tirtagaluh menghentikan pengambilan airbaku dari sungai Cileueur karena adanya pengambilan airbaku dari sungai Citanduy yang ada di area Sindangkasih,” keluh Mumu.

Mumu berharap agar Perumda Tirtagaluh menghentikan sementara pengambilan air baku dari Sungai Cileueur. Seiring dengan berakhirnya masa jabatan Dirut Perumda, dan belum terbentuknya kepengurusan baru Mumu berharap untuk sementara menghentikan pengambilan air dari sungai Cileueur.

“Saat ini, Perumda Tirtagaluh Ciamis belum membentuk kepengurusan baru, dan pengambilan air baku dari Sungai Cileueur sebaiknya berhenti sementara. Pengambilan air dari Sungai Citanduy di wilayah Sindangkasih seharusnya bisa menjadi alternatif,” papar Mumu.

Pertikaian di Lapangan

Namun, situasi sulit ini telah menciptakan perselisihan dan ketegangan di lapangan. Pembagian air menjadi masalah, dan seringkali petani dan petugas Perumda Tirtagaluh saling bersitegang. Warga dari berbagai wilayah bersaing memperebutkan sumber air yang semakin langka ini. Mumu, yang berada di wilayah Sukajadi, merasa mereka adalah pihak yang paling terdampak.

“Pembagian air itu kalau kita dilapangan sampai terjadi gontok-gontokan adu mulut baik antara petani maupun petani dengan petugas Perumdam,” papar Mumu.

Sebagai penggiat PELITA Ciamis, Mumu mendesak pemerintah dan Perumda Tirtagaluh untuk mengambil tindakan nyata. Dia menyarankan penanaman pohon di sepanjang sungai sebagai bagian dari upaya konservasi air dan perlindungan terhadap debit air sungai.

banner 336x280