Paus Benediktus XVI Wafat pada Usia 95 Tahun di Vatikan

DIKSI NEWS3 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, Vatikan – Lonceng berdentang di seluruh Kota Vatikan saat berita kematiannya tersebar. Paus Benediktus XVI wafat pada usia 95 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir di kediamannya, yaitu di sebuah biara terpencil di Vatikan pada Sabtu (31/12). Pengunduran diri dirinya pada 2013 lalu, menjadikan paus pertama dalam 600 tahun sejarah gereja Katolik.

Melansir dari Reuters, Vatikan mengatakan jenazah mantan Paus Benediktus XVI wafat itu, akan disemayamkan mulai Senin (2/1/2023) di Basilika Santo Petrus. Paus Benediktus XVI wafat membuat seluruh umat khatolik di seluruh dunia berkabung.

banner 336x280

Rencananya, pemakaman Paus Benediktus akan dilaksanakam pada (5/1/2023) Pagi waktu Vatikan. Paus Fransiskus akan memimpin langsung upacara pemakaman tersebut, di alun-alun depan Basilika Santo Petrus.

“Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, dalam sebuah pernyataan Sabtu, (1/1).

Awal pekan ini, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa pendahulunya “sakit parah.” Bruni mengatakan dia telah menerima ritus terakhirnya, yang disebut “pengurapan orang sakit,” pada Rabu.

banner 336x280