Hari Kucing Sedunia, Ciamis Punya Cara Sendiri Merayakannya, ini Sosok Pecinta Kucing Tatar Galuh

DIKSI FEATURE40 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Dalam dunia yang penuh dengan perayaan dan momen bersejarah, ada satu hari yang begitu menggemaskan dan penuh cinta: Hari Kucing Sedunia. Setiap tahun pada tanggal 8 Agustus, pecinta hewan di seluruh dunia bersatu dalam perayaan untuk menghormati makhluk-makhluk yang lucu dan misterius ini.

Sejarah Hari Kucing Sedunia merangkum bagaimana kucing, dulu banyak yang menganggap sebagai makhluk mistis dengan kekuatan supernatural, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Meskipun asal-usul perayaan ini masih diperdebatkan,beberapa ahli berpendapat ini adalah upaya untuk menghormati hubungan unik antara manusia dan kucing. Seiring berjalannya waktu, kucing telah menjadi sahabat yang setia, pemburu yang ulung, dan penghibur dalam kesepian.

Dengan merayakan Hari Kucing Sedunia, kita menghormati peran penting yang dimainkan oleh kucing dalam kehidupan manusia. Bagaimana cara merayakan hari ini?
  1. Adopsi atau Dukungan: Pertimbangkan untuk mengadopsi kucing dari tempat penampungan hewan atau organisasi penyelamatan hewan. Jika tidak memungkinkan untuk mengadopsi, Anda bisa mendukung dengan menyumbang atau melakukan pekerjaan sukarela di tempat penampungan hewan.
  2. Pesta Kucing: Undang teman-teman dan keluarga yang memiliki kucing untuk menghadiri pesta kucing! Banyak yang bisa anda siapkan, camilan, permainan bahkan pesta kostum untuk kucing.
  3. Donasi: Sumbangkan kepada organisasi yang fokus pada kesejahteraan kucing. Dana tersebut dapat membantu menyediakan perawatan kesehatan, makanan, dan tempat berlindung untuk kucing yang membutuhkan.
  4. Perhatian Kucing: Beri kucing Anda perhatian ekstra pada hari ini. Bermain dengan mainan favoritnya, memberikan camilan khusus, dan memberinya waktu berkualitas bersama.

Ciamis punya satu sosok pecinta kucing yang tidak banyak awam tahu, padahal dia sudah lama menjadi penyelamat kucing liar yang ada di seputaran Tatar Galuh.

Toni Ichlas, sosok penyayang kucing di Ciamis
Toni Ichlas, sosok penyayang kucing di Ciamis
Sosok bersahaja separuh baya tersebut Toni Ichlas, sudah separuh usianya mengabdikan diri untuk memelihara dan merawat kucing liar di sekitar kediamannya di Lembur Situ.

Setiap harinya, tak kurang dari 20 ekor kucing yang sengaja dia piara dan rawat. Kebanyakan dari hewan kerabat harimau yang Toni rawat tersebut adalah kucing liar, tak jarang dia menemukannya dalam keadaan mengenaskan.

“Saya suka kucing, sedih kalau melihat mereka telantar. Saya bawa ke rumah, obati dan piara mereka. Sudah lupa kapan mulainya, tahu – tahu udah banyak” ujar Toni.

Toni merawat kucing – kucing ini dengan penuh kasih, perawatan dan pakan yang layak setiap hari dia siapkan untuk piaraannya tersebut.

“Tuhan menitipkan kucing kepada manusia, dan mereka hanya dapat hidup dengan manusia. Tuhan mengirimkan kucing untuk penghias bumi dan kucing mengajarkan kita tentang kejujuran,” papar Toni, ketika menjelaskan alasannya memelihara sekian banyak kucing di rumahnya.

Toni pun tidak terlalu mempermasalahkan, mengenai biaya yang harus dia anggarkan setiap bulannya. Toni anggap itu adalah rejeki para kucing, melalui dia sebagai sosok penyayang kucing.

“Seperti kata Joseph Wood Krutc bahwa Kucing tampaknya berprinsip bahwa, tidak ada salahnya meminta apa yang mereka inginkan” pungkas Toni.