Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ciamis, Bupati Herdiat : Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya, didampingi Wakil Bupati Yana D Putra, Sekertaris Daerah (Sekda) dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ciamis, dr. Yoyo meresmikan Gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Ciamis, Jumat (27/02/2023).

Gedung baru Puskesmas Kecamatan Ciamis berada di jalur jalan nasional tepatnya Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Sindangrasa Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan bagi masyarakat merupakan program prioritas pemerintah. Kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang wajib diprioritaskan oleh pemerintah.

“Puskesmas adalah pusat layanan kesehatan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, untuk itu Pemda wajib memprioritaskan-nya. Berdirinya gedung puskesmas baru ini merupakan wujud komitmen Pemkab Ciamis dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sehingga diharapkan kualitas kesehatan masyarakat turut meningkat,” jelasnya.

Bupati menjelaskan, gedung Puskesmas Kecamatan Ciamis sengaja dibangun lebih megah dan refresentatif selain berada dijalur jalan nasional, juga agar dapat lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Fasilitas sudah bagus dan memadai sehingga harus disertai dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalamnya.

“Dengan gedung baru ini saya harap pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan. Layani masyarakat dengan ramah,” jelasnya.

Namun menurut Bupati, masih banyak yang harus dibenahi, diantaranya sebagian halaman masih belum diaspal, untuk itu pihaknya berharap agar pihak terkait dapat segera memperbaikinya.

“Puskesmas ini berada di jalur jalan nasional, jangan terlihat kumuh dan harus selalu dijaga, dipelihara baik bangunan maupun fasilitas lainnya,” ucap Bupati.

Dikatakan Bupati, meskipun ditengah keterbatasan akibat pandemi, namun pemerintah senantiasa berupaya untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Di tengah-tengah kesulitan akibat pandemi tentu sangat berpengaruh terhadap pembangunan daerah , namun kami tetap mengupayakan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kadinkes Ciamis, dr Yoyo mengatakan menuturkan bahwa menurut penilaian layanan publik, Puskesmas Ciamis ini berada di peringkat pertama terbaik yang disusul oleh DPMPTSP dan Puskesmas Imbanagara.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bupati, jajaran lintas sektor juga kepada masyarakat atas kolaborasi pentahelix sehingga bisa terlaksana sesuai harapan dan kami bisa melayani masyarakat dengan lebih baik, harapan kami dapat menjadi role model serta dapat terus meningkatkan pelayanan,” tandasnya.

Dijelaskan Kadinkes, dalam acara peresmian puskesmas tersebut digelar juga khitanan massal, donor darah dan pemeriksaan IVA Test gratis bagi wanita yang sudah menikah.

“IVA Test sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap penyakit kanker rahim,” ucapnya.

Kadinkes juga mengatakan, untuk fasilitas yang ada di gedung baru semuanya standart namun kualitasnya ditingkatkan. Keberadaan puskesmas tersebut hanya melayani pasien primer saja bukan rujukan dan tidak melayani rawat inap.

“Untuk daerah perkotaan kita tidak mengembangkan puskesmas melayani rawat inap. Adapun puskesmas yang menerima rawat inap hanya di daerah teriter saja,” jelasnya.

Kadinkes berharap dengan adanya gedung baru Puskesmas Kecamatan Ciamis ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“Kita berharap adanya gedung baru puskesmas ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” pungkasnya. (Nank)