Whoosh Experience Program Resmi Membuka Pendaftaran Untuk Masyarakat, Disini Linknya

DIKSI NEWS49 Dilihat

DiksiNasinews.co.id,Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), akan membuka pendaftaran Whoosh Experience Program. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Peresmian

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) telah resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (2/10/2023).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan resmi dioperasikan,” kata Jokowi saat peresmian.

Presiden Joko Widodo pada saat peresmian, belum mengumumkan tarif resmi untuk penumpang Kereta Cepat ini.

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” kata Jokowi, mengutip dari situs resmi Setkab RI.

Mekanisme Pembelian Tiket

Eva Chairunisa, Corporate Secretary KCIC, menjelaskan bahwa pendaftaran akan dilakukan secara online melalui website resmi KCIC. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan perjalanan dengan Kereta Cepat dalam kondisi normal.

“Mekanismenya, Kita akan membuka pendaftaran secara mandiri melalui website KCIC. Rencananya hari ini akan kita buka untuk pemesanan tiket perjalanan besok,” kata Eva.

Dalam masa uji coba sebelumnya, masyarakat hanya perlu mendaftarkan nama mereka untuk dapat naik Kereta Cepat. Namun, dengan program Whoosh Experience, prosesnya akan lebih mirip dengan pengalaman perjalanan normal dengan menggunakan tiket.

“Sebelumnya, masyarakat memasukkan data melalui website namun hanya pendataan nama. Nah pada saat di masa program untuk Whoosh Experience Program ini kita akan mengajak masyarakat mengikuti proses bisnis yang normal. Misalnya pada saat akan menuju kereta itu harus melalui gate dan harus menggunakan tiket,” tambah Eva.

Masyarakat dapat mulai menggunakan Whoosh secara gratis mulai Selasa (3/10/2023). Namun, calon penumpang harus memesan tiket terlebih dahulu melalui situs resmi ayonaik.kcic.co.id, yang akan launching pada sore hari ini untuk pemesanan tiket keberangkatan Selasa besok.

“Karena hari ini baru peresmian, mungkin sore nanti baru kita buka (pemesanan tiket). Ini bisa efektif, untuk perjalanan per 3 Oktober. Jadi masih pakai sistem (situs) dahulu, masyarakat harus daftar melalui link,” jelas Eva.

Program gratis ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih mendekati dan mengenal Kereta Cepat (Whoosh). Dalam program ini, penumpang akan mengikuti proses perjalanan seperti biasa dengan menggunakan tiket.

“Jadi tata caranya mengikuti sistem yang normal, artinya menggunakan tiket,” tambah Eva.

Untuk kuota tiket yang tersedia, jumlahnya akan menyesuaikan dengan kapasitas kursi di dalam kereta. Eva, tidak merinci jumlah pasti kuota tiket yang akan tersedia.

Masih Gratis

Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, telah memastikan bahwa biaya perjalanan dengan Whoosh akan tetap gratis hingga pertengahan Oktober 2023.

“Berkat tingginya uji coba gratis KCJB, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober pengoperasian KCJB masih gratis,” ujar Luhut.

Sebelumnya, tingginya antusiasme masyarakat selama uji coba gratis dari 15 September 2023 lalu telah memengaruhi keputusan untuk memperpanjang penggratisan tiket.

“Hingga pertengahan Oktober, pengoperasian tetap gratis,” kata Luhut.

Harga Resmi

Pemerintah belum mengumumkan harga tiket resmi untuk Whoosh, tetapi perkiraan menyebutkan harga berkisar antara Rp250.000 hingga Rp350.000 untuk sekali perjalanan. Situs Tiket.com juga mengestimasi harga tiket, dengan harga terendah mulai dari Rp150.000 untuk rute terdekat.

Whoosh adalah kereta cepat yang dapat mencapai kecepatan operasional hingga 350 km/jam, memungkinkan perjalanan Jakarta-Bandung hanya dalam 36-44 menit. Dengan layanan tiga kelas, Whoosh menawarkan berbagai fasilitas termasuk WiFi, USB charger, dan informasi perjalanan. Whoosh juga memiliki ruang khusus untuk penumpang difabel.