Saroja Cemilan Gurih dan Renyah Khas Ciamis

DIKSI FEATURE13 Dilihat

Diksinasinews.co.id, KULINER Ciamis – Saroja merupakan salah satu kuliner/cemilan khas Ciamis yang bentuknya hampir mirip dengan kembang goyang.

Perbedaan saroja dengan kembang goyang ialah dari rasanya, saroja asin gurih, sedangkan kembang goyang manis dan varian rasa.

Bentuk dari saroja sendiri yaitu Bungai teratai yang identik dengan warna kecoklatan dari proses penggorengan.

Entin Kartini asal Dusun Jetak RT 09 RW 10 Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis menuturkan, pesanan saroja ini biasanya akan ramai menjelang hari lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Disini produksi setiap hari sesuai pesanan dari toko oleh-oleh di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Selain itu untuk dipasarkan pada platform jual beli online yaitu Shoppe,” kata Entin ditemui dirumahnya, Jumat (18/11/2022).

Meskipun pesanan tidak banyak dibandingkan menjelang lebaran, kata Entin produksi Saroja ini tetap berjalan setiap harinya.

“Pesanan ada saja alhamdulillah, saroja banyak dipesan untuk suguh di hajatan pernikahan, khitanan atau acara-acara lainnya,” katanya.

Berikut bahan dan resep untuk membuat Saroja pun cukup mudah didapat dan terjangkau dari segi harga.

Tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih, penyedap rasa dan garam.

Bahan tersebut dicampur dan diaduk sehingga membentuk adonan lalu campurkan air secukupnya sampai adonan tersebut encer.

Panaskan minyak goreng lalu siapkan cetakan yang sudah dilumuri minyak goreng panas, celupkan cetakan ke dalam adonan.

Setelah itu goreng kocok-kocok sampai adonan lepas dari cetakan, biarkan matang kering angkat dan tiriskan.

Bagi kalian yang tertarik mencicipi cemilan Saroja, tersedia di toko oleh-oleh Ciamis, Pangandaran, Banjar, Tasikmalaya. Bisa juga memesan melalui platform online di platform Shoppe.