Dua Tahun Dipimpin Pjs, Warga Desa Kebur Jaya Siap Laksanakan Pilkades

DIKSI NEWS3 Dilihat

Musi Rawas, Sumsel, diksinasinews.com – Kurang lebih dua tahun, Desa Kebur Jaya, Kecamatan TPK, Kabupaten Musi Rawas (Mura), tidak memiliki kepala desa definitif. Untuk menjalankan roda pemerintahan Desa Kebur dipimpin oleh Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) dan lebih tiga kali Pjs kades di desa tersebut berganti.

Namun permasalahan tersebut saat ini menemukan titik terang dan dipastikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kebur Jaya pada 2022-2023, akan segera dilaksanakan dengan aman dan kondusif, hingga nantinya terpilih kades definitif pilihan masyarakat setelah mengikuti beberapa tahapan pemilihan hingga pelantikan.

Diduga akan menimbulkan konflik antar warga dan sempat diisukan mencekam, sekaligus menjadi pusat perhatian/atensi ditingkat Polda hingga Mabes Polri, akibat ditundanya Pilkades di Desa Kebur Jaya,

Kapolsek Muara Beliti, AKP Elan Maruli Sitompul, menjelaskan, sebelumnya Pilkades di Desa Kebur Jaya, sempat ditunda, hingga saat ini desa tersebut dipimpin oleh Pjs kades sementar

“Kami bersama Satuan Intelkam (Sat-Intekam), Camat TPK, perwakilan Koramil Tugumulyo, BPD, Tokoh Masyarakat dan warga serta calon kades, melakukan musyawarah bersama, dan hasilnya berakhir dengan lancar, aman dan kondusif,” kata Kapolsek.

Dengan permasalahan tersebut, kemudian, Polsek Muara Beliti, Satuan Intelkam, Camat TPK, perwakilan Koramil Tugumulyo, BPD, Tokoh Masyarakat dan warga serta calon kades, melakukan musyawarah bersama.

Adapun hasil musyawarah yang awalnya tiga calon kades, sekarang sudah mengkerucut menjadi dua calon kades yakni, Eva Susanti dan Amran, siap dan sepakat akan mengikuti Pilkades dengan catatan sudah terdata menjadi calon kades, hanya butuh memperbaiki berkas.

“Bagi warga Desa Kebur Jaya, yang ingin mencalonkan diri dalam.ajang Pilkades, harus mengikuti tahapan-pertahapan sebagai calon kades sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Kapolsek

Kemudian keduanya menyepakati mengikuti pilkades tahun 2022-2022, dan melengkapi berkas pilkades sesuai dengan hukum yang berlaku, kedua calon kades menyepakati apabila ada warga yang akan mencalonkan diri sebagai calon kades. Serta para calon kades dan pendukung wajib menjaga kondusifitas pilkades aman dan damai,” ucapnya.

“Dengan disepaktinya surat pernyataan ini semoga nantinya pelaksanaan pilkades di Kebur Jaya berjalan dengan kondusif, aman dan damai hingga terpilih kades Kebur Jaya yang definitip dan dilantik oleh bupati musi lawas,” tutupnya.

Dijelaskan Kapolsek, hal ini sudah menjadi kewajiban kita sebagai Polri untuk memberikan pelayanan, pelindungan sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat apabila ada gangguan kamtibmas.

Menurutnya, ini juga merupakan salah satu wujud Program Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan), dari Bapak Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta berkaitan dengan program Bapak Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono yakni Jargon Berempati, Peduli, Tulus dan Responsif (Bedulur), dengan giat Polisi Penolong Presisi.

“Artinya kami harus hadir dan menyatu, dekat dengan masyarakat. Selain itu, pada, Jumat (18/11/2022), mendatang, kami Polsek Muara Beliti akan melakukan Jumat Curhat, Temu Warga Presisi serta Jumat Barokah, dengan tujuanya untuk mendekatkan diri agar lebih akrab sekaligus bertukar pikiran dengan warga di Desa Kebur Jaya,” pungkas Kapolsek. (Bahtum Alfian)