KTP Hilang Bagaimana Cara Mengurusnya ? Simak Ini Yang Harus Dilakukan

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) adalah bukti resmi warga Negara Indonesia yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( DISDUKCAPIL ). KTP merupakan identitas diri penduduk, DISDUKCAPIL selaku instansi pelaksana menerbitkan tanda identitas tersebut dan berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

KTP memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam setiap kegiatan masyarakat, selain sebagai bukti diri juga sebagai pengenal dan menjadi syarat administrasi di beberapa kepentingan.

Apabila masyarakat hendak bepergian atau ingin membuka tabungan misalnya, maka KTP menjadi syarat mutlak demi terlaksananya keperluan tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya pemalsuan atau tindakan yang akan merugikan lainnya karena setiap KTP mempunyai kode unik yang tidak akan ada duplikasinya. Setiap orang akan memiliki identitas masing – masing tanpa ada kemungkinan data ganda dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Pentingnya memiliki identitas sudah menjadi kebutuhan setiap warga negara dewasa ini, terutama untuk kepentingan administrasi yang membutuhkan data diri.

Seorang warganet mencurahkan keluh kesahnya tatkala dirinya membutuhkan KTP sebagai syarat ketika akan melakukan perjalanan udara melalui pesawat. KTP menjadi salah satu kelengkapan administrasi yang dibutuhkan ketika hendak membeli tiket pesawat, namun diduga warganet tersebut kehilangan identitasnya tersebut dan keinginannya mudik ke kota tercinta saat lebaran terkendala.

Cuitan Warga yang Kehilangan KTP Gambar : Tangkap Layar Media Sosial Facebook
Cuitan Warga yang Kehilangan KTP Gambar : Tangkap Layar Media Sosial Facebook

Warganet tersebut mengeluarkan unek – uneknya tentang sukarnya mengurus KTP hilang dan ditimpali oleh netizen lainnya. Dalam postingannya tersebut dirinya menyebutkan, bahwa pengurusan KTP hilang tidak semudah yang dibayangkan meski dirinya sudah melampirkan surat kehilangan dari kepolisian namun tetap tidak bisa mendapatkan KTP pengganti dengan mudah.

Lebih lanjut warganet tersebut menyatakan jika pengurusan KTP hilang tidak bisa diwakili oleh keluarga padahal dirinya membutuhkan KTP sebagai syarat membeli tiket pesawat.

“Masih ngageremet dekah, ngurus KTP hilang kumaha carana ? soalna dukcapil teu bisa diwakilan, lamun kudu ku jalmana langsung mah atuh moal bisa balik mudik meureun ” ujar warganet tersebut dalam cuitannya.
Artinya ” saya masih gemes, ngurus KTP hilang caranya gimana sih ? mencoba ke dukcapil ga bisa diwakili, kalo seperti ini gimana saya bisa pulang” keluh warganet tersebut. Hingga berita diterbitkan warganet tersebut belum memberikan tanggapan terkait cuitannya tersebut.

Plt Kepala Disduckapil Ir. Tini Lastiniwati, M.P  saat dihubungi via pesan singkat menyatakan jika seharusnya pengurusan KTP sekarang lebih mudah asalkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kalau KTP hilang cukup bawa surat kehilangan dari kepolisian terdekat,  sebaiknya melampirkan fotokopi KTP yg hilang, lalu sampaikan ke Disdukcapil dimana KTP tersebut hilang” ujar Tini.

Meskipun KTP luar Ciamis tapi hilangnya di Ciamis , Disdukcapil Ciamis bisa mencetak kembali asal persyaratan tersebut sesuai. Begitupun sebaliknya jika warga Ciamis kehilangan KTP di luar kota bisa melakukan hal serupa.

“Jadi kalau masyarakat Ciamis hilang KTP di luar jawa, datang saja ke Disdukcapil tempat kejadian. Jangan lupa sertakan surat kehilangan serta fotokopi KTP ke disdukcapil setempat tidak usah mengurus ke Ciamis” imbuh Tini.

Tini melanjutkan untuk pembuatan KTP baru pun sekarang lebih mudah, bisa dilakukan di mana saja dengan catatan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

“Untuk buat KTP tidak ribet, bagi pemula tinggal bawa KK. Karena pemula biasanya ada waktu utk penunggalan NIK di pusat/ kemendagri utk penyelesaiannya tgt dari server pusat tetapi biasanya paling 1 atau 2 hari paling lama” tambah Tini.

Bila sudah sekesai penunggalan NIK oleh pusat dan keluar kode PRR yg siap di cetak oleh Disdukcapil kab/ kota.

“Jika ada kendala atau hal yang ingin ditanyakan, mangga silakan Disdukcapil Ciamis dengan senang hati akan melayani masyarakat karena sudah menjadi kewajiban kami memberikan pelayanan maksimal bagi warga Tatar Galuh” pungkas Tini.