Warga Sukadana Nekat Mengakhiri Hidup, Pohon Jambu jadi Tempat Menggantung Diri

DIKSI NEWS0 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Masyarakat Tatar Galuh dibuat terkejut atas peristiwa heboh yang menggoncang media sosial. Seorang pria paruh baya meregang nyawa dengan cara mengenaskan, dia nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

Kejadian yang bertempat di Kecamatan Sukadana dengan korban berinisial HD (50) diketahui merupakan warga dusun Cariu Desa Sukadana. Warga menemukan jasad tak bernyawa HD dalam keadaan menggantung di pohon jambu belakang rumahnya. Rabu (29/3/2023) sekitar pukul 05.30 WIB.

Warga menduga HD mengalami depresi dalam menghadapi masalah keluarganya. Problematika hidup yang harus HD jalani rupanya terlalu berat hingga korban tidak memakai pikiran jernih lagi ketika memutuskan untuk melakukan hal tersebut.

Acih tetangga HD yang menemukan korban pertama kali saat hendak mengambil air di lokasi kejadian menyebutkan jika dirinya melewati pohon jambu dekat torn air tersebut.

Acih mengaku kaget tatkala melihat sesosok tubuh menggantung di pohon Jambu.

“Saat itu saya panik dan langsung memberitahukan Ceu Esih, dia segera menuju pohon jambu yang berada dibelakang rumahnya,” ujar Acih.

Acih dan Esih segera melaporkan kejadian tersebut kepada warga sekitar setelah mengetahui siapa yang tergantung tersebut. Mereka kompak berteriak minta tolong, hingga waega sekitar berhamburan mendekati lokasi kejadian.

Beberapa warga segera membuat laporan ke kantor Polsek Sukadana, dan beberapa saat kemudian terlihat anggota Polisi memeriksa tempat kejadian.

Kasi Humas Polres Ciamis, Iptu Magdalena membenarkan adanya kejadian bunuh diri tersebut. Menurut Magdalena, korban pertama kali ditemukan saksi bernama Acih yang saat itu bermaksud mengambil air di torn yang bersebelahan  dengan pohon Jambu  tempat korban tergantung.

“Setelah berteriak meminta tolong ada warga lainnya yang menghampiri dan memberitahukan kepada perangkat desa untuk melapor kepada Polsek Sukadana dan Koramil 1311 Rajadesa guna ditangani lebih lanjut,” ungkap Magdalena.

Magdalena menjelaskan kronologi singkat serta dugaan penyebab nekatnya HD mengambil nyawanya sendiri.

“Saat itu ibu Acih akan mengambil air kemudian melihat sesosok tubuh bergantung di pohon jambu, sebelumnya Ibu Acih menyangka seperti boneka besar yang tergantung diatas pohon,” lanjut Magdalena.

Magdalena menuturkan jika kasus bunuh diri ini langsung diambil alih oleh Polres Ciamis, keluarga juga langsung mengurus jasad korban untuk selanjutnya dikebumikan.

“Korban mengalami depresi hingga nekat mengakhiri hidup, sekarang sudah dipulasara oleh keluarganya” pungkas Magdalena.