Bhabinkamtibmas Ajak Warga Jalatrang Geruduk WaterBoom Sumberjaya, Sambut Disdukcapil Ciamis Jemput Bola Perekaman KTP-El

DIKSI NEWS31 Dilihat
DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Objek wisata Water Boom Sumberjaya di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, kembali menjadi saksi pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan. Minggu, (24/09/2023).
Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memperoleh layanan administrasi kependudukan yang diperlukan.

Pelayanan administrasi kependudukan ini merupakan upaya pemerintah setempat untuk membantu warganya dalam mengurus berbagai dokumen penting terkait identitas dan kependudukan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Melalui Kabid Dafduk Ade Ruhiyat, menyatakan jika  Dalam acara ini, masyarakat setempat dapat memperoleh berbagai layanan, seperti pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya.

“Masyarakat bisa mengurus beberapa dokumen, Akta lahir, KK dan terutama KTP-El” ujar Ade.

Kegiatan tersebut mendapat pengawasan dari kepala desa setempat dan petugas Bhabinkamtibmas dari Polsek Cipaku, yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan acara. Pihak kecamatan Cipaku juga ikut serta dalam mendukung kegiatan ini dengan melibatkan berbagai pihak terkait, seperti Kepala Dinas, Kepala Bidang Administrasi Kependudukan (Dafduk), Kepala Bidang Catatan Sipil (Capil), Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, dan administrator database.

Pelayanan administrasi kependudukan, merupakan bagian penting dari pemerintah. Hal ini bertujuan untuk memastikan, bahwa setiap warga memiliki akses mudah untuk mengurus dokumen kependudukan mereka. Dengan menyelenggarakan acara di objek wisata seperti GOR Sumberjaya, timbul harapan masyarakat akan lebih mudah dan nyaman dalam mengakses layanan ini.

Selama acara tersebut, staf dari bidang Dafduk dan Capil memberikan bimbingan kepada warga dalam mengurus dokumen kependudukan mereka. Operator dari kecamatan Cipaku juga membantu dalam proses ini, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan efisien.

“Kami berterimakasih kepada operator dari kecamatan, yang sudah membantu kelancaran acara ini” tambah Ade.

Pemerintah setempat berharap bahwa kegiatan seperti ini akan terus bergulir secara berkala, untuk membantu masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan yang mereka butuhkan. Dengan demikian, proses administrasi kependudukan akan menjadi lebih mudah dan efisien. Paling utama adalah, memastikan bahwa setiap warga mendapatkan hak-hak mereka yang sesuai.

Pemilihan Water Boom Sumberjaya, sebagai tempat berlangsungnya acara demi memudahkan akses warga. Kegiatan pelayanan administrasi kependudukan ini menjadi contoh nyata dari upaya pemerintah untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Ari (18), warga yang berkesempatan melakukan perekaman menuturkan rasa antusiasnya atas kegiatan ini.

“Alhamdulillah, saya bisa memiliki identitas sendiri sekarang. Apalagi menghadapi pemilihan umum mendatang, saya bisa menyalurkan hak pilih” kata Ari.