Pemkab Ciamis Terima Penghargaan Best Practice Jabar SDGs Award 2022

DIKSI NEWS1 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis menerima penghargaan Best Practice Jabar Sustainable Development Goals (SDGs) Award 2022 dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat.

Penganugerahan Best Practice Jabar SDGs Award 2022 tersebut diberikan kepada 3 kabupaten dan 2 kota terbaik dalam pelaksanaan SDGs berupa kegiatan yang telah dilaksanakan seluruh kab/kota di Jawa Barat. Yang diberikan langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Sumasna, di Trans Hotel Bandung, Selasa (20/12/2022).

Selain Kabupaten Ciamis, penghargaan tersebut diberikan juga kepada Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu sedangkan untuk kota terbaik yaitu Kota Bogor dan Kota Bandung.

SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan, merupakan salah satu agenda internasional yang disusun oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dalam rangka mensejahterakan masyarakat dunia.

Berdasarkan surat Bappeda Provinsi Jawa Barat nomor : 5658/PR.03/PPM Tanggal 05 September 2022 perihal Partisipasi Best Practices Kabupaten/Kota dalam Indonesia’s SDGs Action Awards 2022, Kabupaten Ciamis mengajukan program “Selamatkan Lingkungan Hidup Masyarakat Kelola Bank Sampah dan Magot (Selingkuh Mas Maggot)” yang merupakan inovasi dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, H. Sumasna mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan bagi kab/kota terbaik dalam pencapaian SDGs di Jawa Barat,

“Penghargaan ini kami berikan kepada Bappeda kab/kota yang menyampaikan pelaporan pencapaian target SDGs pada semester 2 tahun 2022. Selain itu, tentu untuk memberikan motivasi dan semangat, saya berharap ke depan lebih banyak lagi kabupaten/kota yang dapat berkontribusi besar pada pencapaian SDGs,” ungkapnya.

Susmana juga menyampaikan, bahwa kedepannya semua perencanaan pembangunan mendukung pencapaian SDGs.

“Ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada pencapaian SDGs. Kami berharap kedepannya semua perencanaan pembangunan berdasarkan untuk mendukung pencapaian SDGs,” harapnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, David Firdha mengatakan penghargaan tersebut mendorong agar bisa mempertahankan kinerja pencapaian SDGs.

“Penghargaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan sinkronisasi antara provinsi dan kabupaten. Dan tentu keberhasilan ini merupakan hasil kolaborasi dari semua pihak,” pungkasnya. (Nank)**