Kabar Gembira, Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dibuka, Segera Daftarkan Dirimu !

DIKSI NEWS19 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 pada hari Jumat, (05/05/2023).

Syarat pendaftaran dan tata cara melamar rekrutmen bersama ini dapat ditemukan di situs resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yaitu rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Namun, situs tersebut masih belum dapat diakses karena pendaftaran belum dibuka. Saat ini belum ada informasi mengenai posisi dari BUMN mana saja yang akan membuka lowongan kerja.

Berdasarkan catatan dari rekrutmen bersama BUMN sebelumnya, terdapat beberapa syarat pendaftaran yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah syarat pendaftaran dan tata cara melamar Rekrutmen Bersama BUMN:

Syarat Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023:
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal pada 1 Desember 2022 adalah:
  • Diploma III: 27 tahun;
  • S1/Diploma IV: 30 tahun;
  • S2: 35 tahun;
  1. IPK minimal 2,75
  2. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.
  4. Dokumen SKCK dari Kepolisian (jika ada).
  5. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja (jika ada).
  6. Rekomendasi komunitas (berprestasi di bidang olahraga/seni/digital creator/start up) (jika ada).
Tata Cara Melamar Rekrutmen Bersama BUMN 2023:
  1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  2. Pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain atau kantor dalam proses pendaftaran.
  3. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data dan dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
  4. Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen, seperti foto profil (wajib), KTP (wajib), ijazah/surat keterangan lulus (wajib), transkrip nilai (wajib), SKCK (jika ada), dokumen lainnya seperti sertifikat pelatihan, bahasa Inggris, dll (jika ada), dan surat rekomendasi. Setiap dokumen yang terdiri lebih dari satu harus disatukan dalam satu file dokumen.

FHCI BUMN memperingatkan calon pendaftar agar tidak tertipu selama proses rekrutmen. Calon pelamar dapat menemukan informasi terkait rekrutmen melalui akun Instagram resmi FHCI dan Kementerian BUMN.

Oleh karena itu, diharapkan agar calon pendaftar dapat memahami dengan baik syarat dan tata cara melamar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sebelum mendaftar. Sebagai langkah awal, calon pelamar dapat memeriksa kualifikasi pendidikan dan persyaratan umum lainnya yang tertera pada situs rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Selain itu, calon pelamar juga harus memperhatikan bahwa selama proses rekrutmen tidak ada biaya apapun yang harus dikeluarkan oleh calon pelamar. Jika ada pihak yang meminta uang untuk membantu dalam proses seleksi atau menjanjikan kelulusan, sebaiknya diabaikan. FHCI BUMN telah memperingatkan agar calon pelamar waspada terhadap penipuan yang mungkin terjadi selama proses rekrutmen.

Calon pelamar harus memperhatikan beberapa hal, yakni kelengkapan dokumen juga persyaratan lain yang dibutuhkan. Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah diunggah dengan benar pada saat pendaftaran. Jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian pada dokumen yang diunggah, calon pelamar tidak akan diterima dalam proses seleksi.

FHCI BUMN mengumumkan, bahwa seleksi akan menggunakan dua metode yakni secara online dan offline. Tahapan online meliputi tes kemampuan akademik dan tes psikologi. Sementara itu, tahapan offline meliputi wawancara, tes kesehatan, dan verifikasi dokumen.

Calon pelamar dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi seluruh tahapan seleksi tersebut. Mulai dari menyiapkan materi belajar untuk tes kemampuan akademik dan tes psikologi, hingga menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar dapat melewati tahapan tes kesehatan.

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung dan berkarir di perusahaan-perusahaan milik negara yang memiliki berbagai bidang usaha. Selain itu, bergabung dengan BUMN juga dapat memberikan keuntungan dalam hal jaminan sosial dan karir yang menjanjikan.

Namun, peluang ini juga bersaing dengan banyaknya calon pelamar lainnya. Oleh karena itu, calon pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi persyaratan dan memperoleh nilai yang baik pada seluruh tahapan seleksi. Dengan demikian, peluang untuk bergabung dengan BUMN dapat terbuka lebih lebar.