Sebanyak 38 Orang PD DMI Kabupaten Ciamis, Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

DIKSI NEWS2 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Sebanyak 38 orang pengurus Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis resmi dilantik dan dikukuhkan.

Pelantikan dan pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ketua Pengurus Wilayah (PW) DMI Jawa Barat, KH. Ahmad Shidiq S.HI, pada Rabu, (25/01/2023) di Aula Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Diketahui, Dewan Masjid Indonesia (DMI) adalah organisasi Islam yang bertujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat, meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlaq mulia dan kecerdasan bagi umat Islam, sehingga tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati, Yana D Putra, Sekretaris Daerah (Sekda), Dr. H. Tatang dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus PD DMI Kabupaten Ciamis periode 2022-2027.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa peran DMI sangat penting dalam melaksanakan pembinaan terhadap umat, terlebih sebagian besar warga masyarakat Ciamis adalah mayoritas muslim dengan jumlah masjid yang cukup banyak.

“Kondisi saat ini bahwa masjid-masjid banyak berdiri megah, namun kelihatannya sepi dari jamaah, maka dari itu peran DMI sangat penting dalam pembinaan umat khususnya untuk memakmurkan kembali Masjid,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan bahwa, di Kabupaten Ciamis terdapat 8.224 Masjid Jami dan 5.700 mushola yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

“Tentu tugas bapak ibu disamping memelihara, merawat juga paling utama bisa dan mampu memakmurkan masjid. Semoga ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Bupati menerangkan sebelumnya pemerintah daerah telah melaksanakan program Magrib mengaji dan shalat berjamaah, namun program tersebut harus dihentikan sementara akibat adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan aktivitas masyarakat.

“Sekarang pemerintah sudah kembali melonggarkan aktivitas masyarakat, untuk itu saya berharap program yang tertunda ini dapat kita sukseskan dan gaungkan kembali,” harapnya.

Bupati pun mengucapkan selamat atas telah dilantiknya PD DMI Kabupaten Ciamis. Pihaknya juga berharap agar para pengurus dapat melaksanakan tugas dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya ucapkan selamat kepada bapak ibu semua yang baru dilantik, semoga dapat melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DMI Kabupaten Ciamis, Drs. H. Syarief Nurhidayat mengatakan sebagai pusat dakwah dan pendidikan umat Islam, Masjid menjadi tempat untuk memperoleh informasi, memperdalam ilmu agama dan mewujudkan amal kebaikan serta menyemai Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

“Kami pengurus PD DMI Kabupaten Ciamis berikhtiar untuk melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh pengurus DMI sebelumnya dan lebih berupaya untuk lebih memakmurkan masjid,” jelasnya.

Menurutnya, masjid harus difungsikan sebagai penguat ekonomi umat dan berusaha membangun masyarakat yang berdaya secara ekonomi.

“Peran masjid dalam pembinaan umat Islam sangatlah penting. Kami berharap melalui DMI bisa kembali menguatkan peranan masjid dalam membentuk peradaban umat sekaligus pusat seluruh aktivitas keagamaan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Syarif menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memfasilitasi kegiatan tersebut terlebih kepada Bupati Ciamis dan Ketua DMI Jabar KH. Ahmad Shidiq yang telah hadir secara langsung. (Nank)