Karena Masa Depan Berawal di Pagi Hari, Inilah 4 Manfaat Sarapan, Jangan Dilewatkan

DIKSI HEALTH0 Dilihat

DIKSINASI, DIKSI HEALTH – Saat ini kian banyak kita mendengar slogan ajakan untuk makan pagi (sarapan). Bahkan sang pacar juga sering mengingatkan kita agar tak terlewatkan sarapan. Sahabat DIKSINASI harus tahu bahwa manfaat sarapan itu baik sekali.

Seperti judul dari artikel pagi ini yang Redaksi tuliskan sengaja untuk para sahabat DIKSINASI. Sebegitu pentingkah sarapan, sehingga begitu banyaknya ajakan untuk tidak melewatkan sarapan ini?.

Mungkin sebagian dari kita ada yang menyepelekan sarapan. Karena merupakan waktu makan yang sering terabaikan, entah karena buru-buru berangkat kerja atau sekolah, atau pun kegiatan lainnya.

Kegiatan para Sahabat DIKSINASI tersebut mungkin memang penting, tapi sarapan juga tidak kalah penting, manfaat sarapan sangat banyak.

Mungkin tak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan seberapapun sibuknya Sahabat, sebaiknya tetap mementingkan untuk mengisi bahan bakar tubuh sehingga energi akan terpenuhi sepanjang hari.

Berikut ini, redaksi secara khusus akan bagikan beberapa manfaat sarapan untuk tubuh kita :

1. Sumber Energi

Sarapan sebenarnya berperan sebagai pengganti makanan pada waktu malam yang tidak terisi ketika tidur, sebagai asupan kebutuhan gula anda. Gula adalah sumber energi yang berasal dari karbohidrat makanan yang anda konsumsi. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktifitas, jika sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen sehingga menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang.

Untuk beraktifitas sepanjang hari sangat penting untuk memberikan tubuh nutrisi baik di pagi hari. Dengan sarapan tubuh akan memiliki “bensin” yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktifitas.

2. Meningkatkan konsentrasi otak

Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agarkegiatan dapat berjalan dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan hasil positif bahwa sarapan dapat membentu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir. Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman membuat otak kita kelaparan .Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan , maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.

3. Menjaga Mood

Mereka yang sarapan memiliki mood lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

4. Mengontrol berat badan dan diet

Dengan mengisi perut dipagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan anda di siang harisehingga anda tidak makan berlebihan pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan. Orang yang tidak sarapan cenderung mengkonsumsi berbagai makanan secara “membabi buta” tanpa memikirkan nutrisinya.

Untuk anak-anak sarapan merupakan hal yang sangat penting pula, terlebih jika anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. Anak yang mengawali sekolah dengan sarapan terlihat menjadi lebih bersemangat dan tidak lesu dalam menyimak pelajaran. Selain itu mencegah anak jajan sembarangan saat lapar, juga mencukupi kebutuhan gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak .

Tips

Berikut beberapa tips sarapan agar memberikan manfaat yang optimal: sarapan dengan makanan yang tidak berlemak tinggi, tinggi protein (telur dan susu sangat baik),kaya serat (sayuran dan buah). Hindari makan terlalu banyak, seporsi nasi,telur, sayur dengan buah dan air (susu, air mineral, jus).

Sarapan sehat juga berguna bagi anda pasangan suami istri yang mengalami gangguan kesuburan dikarenakan pola makan dan gaya hidup anda yang kurang baik. Sarapan sehat bisa membantu anda dalam hal terapi kesuburan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga tubuh anda dalam keadaan sehat dan bugar. Tercukupinya vitamin B kompleks, vit D, vit C, vit E, asam folat,selenium, zinc,asam amino essensial dan beberapa mineral penting lainnya dipagi hari sangat membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan tubuh anda yang menciptakan sel telur dan sel sperma yang berkualitas.

Apapun yang anda pilih untuk menu sarapan, beri tubuh dan otak anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Berlakulah baik pada diri anda sendiri.

 

Kandungan makanan yang anda asup pagi hari akan mengawali hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktifitas.Kebiasaan ini akan membuat anda merasa lebih baik sepanjang hari.Semoga hari anda sukses.

Oleh: Rina Utami Arianti, SST

Instalasi Gizi RSUD Kab. Badung Mangusada