Transformasi GoTo: Strategi Pemulihan dan Dinamika Bisnis Digital Buntut Merugi 90 Trilyun

Emiten Sejuta Umat GOTO Berencana Buyback Saham, Rugi Rp90 T, Saham Anjlok 9,72%

DIKSI FINANCE4 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), raksasa teknologi Indonesia, menapaki tahun 2023 dengan serangkaian tantangan dan pencapaian yang signifikan. Di tengah persaingan ketat dan dinamika pasar digital yang cepat berubah, GOTO membukukan total nilai transaksi bruto (gross transaction value/GTV) sebesar Rp606,55 triliun. Angka ini, meski sedikit menurun 1,1% dari tahun sebelumnya, menegaskan posisi GOTO sebagai salah satu pemain utama di ekosistem digital Indonesia.

Strategi Optimasi

Rencana buyback saham senilai hingga Rp3,14 triliun menunjukkan strategi GOTO dalam meningkatkan nilai pemegang saham dan menstabilkan performa saham di pasar. Inisiatif ini merupakan bagian dari optimasi pemanfaatan modal, sejalan dengan rencana alokasi modal yang baru, yang dirancang untuk meningkatkan profitabilitas dan arus kas perusahaan.

banner 336x280

Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, mengumumkan rencana buyback saham GOTO dengan nilai mencapai USD200 juta atau setara dengan Rp3,14 triliun. Walujo menegaskan langkah ini sebagai bagian dari optimalisasi pemanfaatan modal perusahaan sejalan dengan rencana alokasi modal baru.

banner 336x280