Prancis Bungkam Polandia 3-1, Les Blues Melaju ke Perempat Final

DiksinasiNews.co.id, QATAR- Prancis melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah sukses bungkam Polandia dengan skor 3-1 dalam pertandingan babak 16 besar di Al-Thumama Stadium pada Minggu, (4/12/2022) malam.

Tampil impressive Kylian Mbappe memborong dua gol dalam pertandingan tersebut. Sedangkan Olivier Giroud satu gol lainnya, alhasil Prancis bungkam Polandia dan melaju ke babak selanjutnya.

Giroud catat sejarah baru

Olivier Giroud mencatat rekornya melalui gol ke gawang Polandia pada babak pertama. Striker itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Prancis dengan torehan gol sebanyak 52 gol.

Dalam laga tersebut, Prancis langsung mendominasi permainan sejak menit-menit awal, bahkan sudah menciptakan beberapa peluang dalam 10 menit pertama.

Sebemum Prancis bungkam Polandia, Les Blues menciptakan peluang pada menit ke-13 ketika Aurelien Tchouameni melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa ditepis kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Membalas tamparan, Polandia lantas dengan sebuah peluang pada menit ke-21. Robert Lewandowski merebut bola di depan kotak penalti Prancis dan melepaskan tembakan. Upaya bomber Barcelona itu masih menyamping dari gawang Hugo Lloris.

Semenit kemudian, Prancis membalas lewat tendangan Jules Kounde dari luar kotak penalti. Sayang arah bola masih mengarah tepat ke pelukan Szczesny.

Polandia bermain lebih baik dibandingkan saat melawan Argentina dengan beberapa kali bisa menyerang tim juara bertahan. Namun, penyelesaian mereka di area lawan masih belum maksimal.

Prancis mendapatkan kans emas pada menit ke-27. Umpan Ousmane Dembele disambar Olivier Giroud di kotak penalti, tetapi menyamping tipis dari gawang.

Polandia mendapatkan dua peluang pada menit ke-38. Piotr Zielinski melepaskan tembakan keras ke arah gawang usai menerima umpan tarik dari Bartosz Bereszynski. Hugo Lloris masih bisa memblok bola.

Bola muntah kembali disambar Zielinski, tetapi membentur Theo Hernandez. Jakub Kaminski memanfaatkan bola rebound dengan melepaskan tembakan ke gawang, tetapi dihalau Raphael Varane di garis gawang.

Prancis bungkam Polandia dan memecahkan kebuntuan

Pada menit ke-44. Menerima bola dari Mbappe, Giroud melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok gawang Szczesny. Skor menjadi 1-0 untuk Prancis.

Gol itu sekaligus menutup babak pertama. Prancis unggul 1-0 atas Polandia.

Prancis mengambil inisiatif menyerang. Mereka mendapat tendangan bebas di sisi kanan menyusul pelanggaran Bereszynski kepada Ousmane Dembele. Griezmann yang mengeksekusinya melepaskan tendangan ke arah gawang, tetapi Szczesny menepisnya.

Prancis menggandakan keunggulan pada menit ke-74. Berawal dari serangan balik cepat, Mbappe bisa menyelesaikan sodoran Ousmane Dembele menjadi gol lewat sepakan kerasnya ke sudut kiri atas gawang Szczesny.

Mbappe Cetak Dua Gol

Mbappe kembali memperbesar jarak menjadi 3-0 pada menit tambahan. Menerima bola dari Marcus Thuram, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan. Bola mengarah ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny.

Polandia mendapatkan gol hiburan pada menit ke-90+6 lewat tendangan penalti menyusul handball Dayot Upamecano. Wasit sempat mengecek VAR sebelum memberikan penalti kepada Polandia.

Penjaga gawang Prancis Hugo Lloris sempat menggagalkan tendangan pinalti Lewandowski, tetapi wasit meminta untuk mengulanginya karena kiper Prancis itu bergerak sebelum eksekutor melakukan tendangan. Pada kesempatan keduanya, Lewandowski sukses mendapatkan gol hiburan. Skor akhir adalah 3-1.

Prancis sudah lolos ke perempat final dan sudah menunggu pemenang pertandingan antara Inggris atau Senegal yang akan bertanding pada Senin dini, dalam perempat final.