Bupati Ciamis Klaim Porprov XIV Jabar Dongkrak Perekonomian dan UMKM Naik Hingga 50 Persen

DIKSI NEWS0 Dilihat

Diksinasinews.co.id, CIAMIS – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar akhirnya keseluruhan pertandingan telah usai terselenggara dan resmi ditutup oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Alun-alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022) sore.

Sebagai tuan rumah, Ciamis mendapatkan berbagai manfaat mulai dari sisi ekonomi dan dampak sosial. Ini sangat menguntungkan bagi Kabupaten Ciamis yang bisa memberikan peluang se lebar-lebarnya bagi para pelaku usaha dan UMKM.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut perhelatan Porprov Jabar ini memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi bagi warga Ciamis. Sekitar 50 persen omset UMKM di Ciamis naik 2 kali lipat. Hal demikian Ia sampaikan saat memberikan sambutan pada penutupan Porprov Jabar.

Menurutnya, Ciamis sebagai tuan rumah Porprov beberapa pertandingan yang ada, membuat antusias masyarakat sangat besar. Sehingga, ini menjadi kesempatan pelaku UMKM dan para pelaku usaha lainnya untuk mengais rezeki di tengah meriahnya perhelatan Porvprov Jabar ini.

“Hotel, penginapan, pedagang, restoran, catering semua ikut naik. Perputaran uang di Ciamis naik signifikan,” ucapnya.

Karena itu, ia menilai Porprov ini membawa efek positif bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

“Jujur, saya mendapatkan kabar ini dari warga langsung di mana mereka menyebut event ini dengan suka cita. Intinya, laju perekonomian di Ciamis jadi meningkat, antusiasme masyarakat Ciamis jadi terdongkrak berkat adanya event besar seperti ini dan kita patut bersyukur,” tukasnya.