Itaewon Mencekam, Haloween Penuh Tragedi Renggut 149 korban jiwa

DIKSI NEWS1 Dilihat

Korea Selatan, diksinasinews.co.id -Haloween Itaewon merenggut paling tidak 149 korban jiwa sampai berita ini diterbitkan. Kejadian mencekam tersebut terjadi kala warga rayakan haloween di distrik Itaewon, Korea Selatan, Sabtu ( 29/10/2022 ).

Peristiwa ini diawali gegap gempita masyarakat yang memeriahkan malam Haloween dan padati kawasan tersebut. Hingar bingar musik serta hiruk pikuk massa dengan mengenakan bermacam kostum horor merayakan haloween perdana setelah 3 tahun terhambat Covid – 19.

Para peserta pesta kostum ini mulai berdesakan dan keadaan makin parah ketika menemui salah satu gang dengan jalur sempit yang menanjak. Kala itu menunjukkan sekitar 22.20 waktu setempat, saat kejadian  mencekam ini bermula.

Jalur yang sempit menyebabkan kemacetan dan kerumunan tak dapat dihindari, warga mulai panik dan saling dorong. Beberapa orang yang tidak kuat menahan gempuran mulai berjatuhan dari jalur atas dan menimpa kerumunan di area jalan dibawah gang tersebut. Terjadi kepanikan yang mambuat warga berhamburan dan saling injak.

Keadaan yang padat tersebut mengakibatkan terhambat nya petugas kala mencoba melakukan penyelamatan. Dengan susah payah petugas berusaha menarik sebagian orang keluar dari kerumunan. Puluhan orang terkapar dengan kondisi gagal jantung akibat berdesakan dan saling injak. Petugas dibantu sebagian wisatawan yang selamat sigap laksanakan pertolongan awal dengan metode cardiopulmonary resuscitation ( CPR )  di tengah hiruk pikuk massa.

Dikutip dari Reuters, pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Korsel, Choi Seong Beom, 140 ambulans dikerahkan pihaknya guna bawa korban ke rumah sakit. Tak mau kalah Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, perintahkan regu medis gawat darurat segera meluncur ke lokasi peristiwa mencekam ini. Yoon tegaskan kepada seluruh rumah sakit supaya siapkan seluruh tempat tidur yang tersedia guna menangani korban insiden ini. Menurutnya potensi kematian akibat kejadian ini dapat diminimalkan dengan persiapan tempat tidur di rumah sakit.

Baca Juga : Kakek 76 Tahun Baru Punya Buku Nikah Setelah Ikuti Sidang Isbat
Baca Juga : Seleksi Panwaslu Kecamatan Pagar Alam Tidak Terbuka, Panitia Dinilai Melakukan Kecurangan

Sementara itu, Wali Kota Seoul, Oh Se Hoon, langsung kembali dari kunjungannya ke Eropa tak lama sesudah mendengar berita mengenai insiden ini. Dia batalkan beberapa agenda pentingnya di Eropa demi melihat kondisi warganya yang terlibat di insiden mencekam yang memakan banyak korban ini.

1 komentar

Komentar ditutup.