Bokeh Membuat Hasil Jepretan Kamera Makin Ciamik, Jangan Ngaku Gaul Kalo Belum Kenal Efek ini

DiksiNasinews.co.id – Bokeh adalah efek visual yang dihasilkan ketika bagian latar belakang pada sebuah foto terlihat buram atau kabur. Efek ini dapat membuat sebuah foto terlihat lebih menarik dan profesional. Cara terbaik untuk menciptakan efek bokeh adalah dengan menggunakan kamera DSLR dengan lensa khusus. Namun, dengan kemajuan teknologi smartphone, Anda juga dapat menciptakan efek bokeh dengan mudah menggunakan kamera smartphone.

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa kamera smartphone Anda memiliki mode potret atau mode bokeh. Mode potret biasanya akan mengaburkan latar belakang, sehingga fokus pada objek utama pada foto. Beberapa kamera smartphone juga dilengkapi dengan mode bokeh, yang akan memperkuat efek bokeh dengan mengaburkan latar belakang secara signifikan.

Setelah memastikan bahwa mode potret atau bokeh sudah diaktifkan, Anda dapat memilih objek yang ingin Anda foto. Pastikan objek tersebut memiliki jarak yang cukup jauh dari latar belakang, sehingga latar belakang dapat terlihat buram atau kabur. Objek yang baik untuk difoto dalam mode bokeh biasanya adalah bunga, manusia, atau objek kecil lainnya.

Setelah objek terpilih, perhatikan juga pencahayaan yang akan mempengaruhi hasil akhir dari foto bokeh. Pilihlah lokasi yang cukup terang dengan latar belakang yang cukup jauh dari objek. Hal ini dapat membantu Anda memperkuat efek blur pada foto.

Jangan lupa untuk juga mengatur fokus pada objek yang ingin Anda foto. Kamera smartphone biasanya memiliki fitur auto-fokus yang dapat membantu Anda memilih objek dengan mudah. Namun, jika Anda ingin lebih terampil, Anda dapat mencoba mengatur fokus secara manual dengan menekan layar pada objek yang ingin difoto.

Setelah fokus diatur, saatnya untuk mengambil foto. Pastikan tangan Anda cukup stabil agar foto tidak terlihat buram. Jika perlu, Anda dapat menggunakan tripod atau posisi stabil lainnya untuk membantu mengurangi guncangan.

Setelah foto diambil, jangan lupa untuk melihat hasilnya dan mencoba beberapa pengaturan lainnya untuk mencapai hasil terbaik. Anda dapat menggunakan fitur editing pada kamera smartphone atau aplikasi edit foto untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang terlihat pada foto.

Kesimpulannya, efek ini merupakan efek visual yang indah dan menarik pada sebuah foto. Dengan menggunakan kamera smartphone dan beberapa tips di atas, Anda dapat menciptakan efek kabur pada foto Anda sendiri. Jangan takut untuk mencoba dan berlatih, karena semakin sering Anda mencoba, semakin terampil Anda menjadi dalam menghasilkan foto bokeh yang indah.

Beberapa merek hp yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek bokeh yang baik adalah sebagai berikut:

  1. iPhone iPhone dikenal sebagai salah satu merek smartphone yang mampu menghasilkan efek bokeh yang baik. iPhone memiliki fitur potret yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan efek kabur pada foto. iPhone juga dilengkapi dengan mode pengambilan gambar Portrait Lighting yang dapat membuat efek ini menjadi lebih menarik. Rentang harga untuk iPhone yang dapat menghasilkan efek buram ini dimulai dari sekitar 5 juta hingga 20 juta.
  2. Samsung Galaxy Samsung Galaxy juga dikenal sebagai salah satu merek smartphone yang dapat menghasilkan efek bokeh yang baik. Samsung Galaxy memiliki fitur Live Focus yang memungkinkan pengguna untuk memperkuat efek blur pada foto. Samsung Galaxy juga dilengkapi dengan teknologi dual kamera yang dapat memperkuat efek tersebut pada foto. Rentang harga untuk Samsung Galaxy yang dapat menghasilkan efek ini dimulai dari sekitar 3 juta hingga 20 juta.
  3. Xiaomi Xiaomi adalah salah satu merek smartphone yang populer dan terjangkau dengan kemampuan menghasilkan efek bokeh yang baik. Xiaomi dilengkapi dengan fitur mode potret yang dapat memperkuat efek tidak jelas di sekitar objek utama pada foto. Xiaomi juga memiliki teknologi dual kamera yang dapat meningkatkan kualitas foto dengan efek ini. Rentang harga untuk Xiaomi yang dapat menghasilkan efek bokeh dimulai dari sekitar 2 juta hingga 10 juta.
  4. Oppo Oppo adalah salah satu merek smartphone yang juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek bokeh yang baik. Oppo dilengkapi dengan fitur mode potret yang dapat memperkuat efek blur pada foto. Oppo juga memiliki teknologi dual kamera yang dapat meningkatkan kualitas foto dengan efek tersebut. Rentang harga untuk Oppo yang dapat menghasilkan efek bokeh dimulai dari sekitar 3 juta hingga 15 juta.
  5. Vivo Vivo adalah salah satu merek smartphone yang juga dapat menghasilkan efek bokeh yang baik. Vivo dilengkapi dengan fitur mode potret yang dapat memperkuat efek buram pada foto. Vivo juga memiliki teknologi dual kamera yang dapat meningkatkan kualitas foto dengan efek bokeh. Rentang harga untuk Vivo yang dapat menghasilkan efek cantik ini dimulai dari sekitar 2 juta hingga 15 juta.

Itulah beberapa merek smartphone yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek bokeh yang baik beserta rentang harganya.