Negara Asal Nokia, Finlandia Menjadi Negeri Paling Bahagia Sedunia

DiksiNasinews.co.id – Negara asal Nokia, banyak orang yang belum mengetahui tentang Finlandia. Negara asal telepon seluler yang sempat melegenda di dunia pada kisaran 90an sampai awal 2000an ini.

Finlandia terkenal sebagai negara paling bahagia sedunia, dalam laporan World Happiness Report 2021. Prestasi berturut – turut yang membuat Finlandia mengalahkan 148 negara lain demi meraih penghargaan tersebut.

Alasan Finlandia dinobatkan menjadi Negara paling bahagia 

  1. Warga Negara asal Nokia ini dicap paling santai, tidak berkompetisi dan tak peduli dengan cara negara lain untuk hidup.
  2. Jam kerja warga negara Finlandia ada di kisaran 5 – 9 jam, cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini diyakini membuat pekerja lebih produktif.
  3. Sistem pendidikan di Finlandia. Sekolah-sekolah di Negara Asal Nokia ini mendapat peringkat tinggi dalam Program for International Student Assessment (PISA) untuk mata pelajaran dan keterampilan utama. Jam pelajaran pun tidak terlalu lama, dan mereka memulai sekolah tidak terlalu pagi sekitar pukul 09:00 setiap hari. Mereka meyakini jika masuk terlalu pagi akan membuat siswa lebih mengantuk dan tidak semangat.
  4. Tidak memiliki tes standar untuk setiap individu warganya. Tak pernah ada ujian yang berskala nasional, satu – satunya ujian hanya Ujian Matrikulasi Nasional. Tes itu juga tes sukarela untuk siswa di akhir sekolah menengah atas.

Finlandia (secara resmi: Republik Finlandia, bahasa Finlandia: Suomen Tasavalta; B. Swedia: Republiken Finland), merupakan negara Nordik, terletak di Eropa Utara, juga menjadi anggota Uni Eropa. Finlandia berbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur.

Negara Asal Nokia ini juga mempunyai batas perairan, yakni Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.

Etimologi

Asal nama Finlandia (Suomi dalam bahasa Finlandia) tak mempunyai literasi kuat, namun kemungkinan besar diturunkan dari bahasa proto-Baltik zeme berarti “tanah”. Menurut teori yang lebih awal nama ini diturunkan dari suomaa atau suoniemi.

Eksonim Finlandia mirip dengan seperti nama tempat Skandinavia Finnmark, Finnveden dan ratusan toponim lain yang berawalan “Fin(n)” di Swedia dan Norwegia.

Tak diketahui bagaimana, mengapa dan kapan “Finnr” mulai berarti Finlandia Asli khususnya (dari tempat di mana nama itu menyebar dari abad ke-15 ke atas untuk berarti penduduk keseluruhan negeri itu).