Toyota Luncurkan Innova Zenix Mobil Keluarga Mapan Indonesia

OTO DIKSI1 Dilihat

Diksinasinews.co.id – Toyota punya jagoan di Indonesia yang sudah melegenda, debut awal sebagai mobil rakyat dengan harga terjangkau dan banyak utilitas yang disandangnya. Mengutip dari laman toyota.astra.co.id ternyata nama Kijang merupakan kependekan dari “Kerjasama Indonesia dan Jepang”.

Pencetus pertama nama Kijang ternyata bukan orang sembarang. Jusuf Kalla mecetuskan istilah Kijang untuk pertama kali. Memakai pakem desain Basic Utility Vehicle ( BUV ) karena menyasar kalangan menengah ke bawah pada masanya.

gambar koleksi situs mobilmotorlama.com
gambar koleksi situs mobilmotorlama.com

Namun seiring berjalannya waktu, desain BUV sudah tidak lagi melekat pada Kijang. Kini Kijang telah menjadi sebuah mobil multi purpose vehicle (MPV) medium. Segmentasi pasarnya pun bergeser menyasar keluarga mapan yang mengutamakan kenyamanan membuat Kijang bertransformasi menjadi seperti sekarang. Nama Kijang sendiri kini mulai perlahan tak terdengar dan lebih populer menyandang nama Innova.

Setelah beberapa kali mengalami perubahan desain dan penyempurnaan teknologi, Toyota resmi meluncurkan varian teranyarnya di Indonesia yakni Innova Zenix.

Teknologi yang tersemat pada generasi Kijang ketujuh ini juga mengikuti zaman, banyak hal yang sudah berubah total apabila membandingkan dengan seri terdahulu.

Perubahan  meliputi platform dan eksterior dengan merombak habis tampilan dan menanamkan teknologi ramah lingkungan hybrid di Zenix.

“Hari ini kami meluncurkan generasi Kijang Innova terbaru, Kijang Innova Zenix,” ujar Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Senin (21/11).

Hybrid Pertama Produksi Indonesia

Henry menyatakan Zenix adalah varian hybrid pertama yang produksi Indonesia. Toyota New Global Architecture mengubah total sisi ekteriornya. Struktur monokok segera menggantikan platform jadul ladder frame yang serupa dengan SUV Fortuner serta pikap Hilux.

Selain ladder frame penggerak roda belakang adalah hal lain yang ditinggalkan oleh Zenix. Insinyur Toyota sekarang dapat memasang mesin hybrid dan penggerak roda depan di mobil terbaru Innova ini tak lupa transmisi jenis baru ikut disematkan, semua berkat TNGA GA-C yang membuat Zenix akan menjaga tahtanya sebagai kendaraan idaman keluarga mapan Indonesia.

Apabila membandingkan dengan model sebelumnya, platform terbaru membuat mobil lebih rigid. Selain hal tersebut sasis monokok memiliki keunggulan bobot yang lebih ringan.

Innova Zenix memiliki pilihan dapur pacu yang berbeda dari generasi sebelumnya yakni TNGA 2.0L berkode M20A7-FKS berkubikasi 1.987 cc empat silinder Dual-VVTi. Toyota mengklaim jika Zenix memiliki tenaga sebesar 174 PS pada rpm 6.600 dan torsi 20,9 kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Zenix mengusung mesin hibrida dengan kubikasi 2.0 serupa namun berbeda kode, yaitu M20A-FXS. Mesin ini mampu melepas 152 PS pada rpm 6.000 dan torsi 19,1 kgm pada 4.400- 5.200 rpm. Mesin hybrid mendukung motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 kgm, dan menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Selain itu Toyota juga telah menyematkan berbagai fitur baru, salah satunya paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Pihak insinyur mengklaim jika Transmisi baru, 10 speed direct shift CVT menambah kenyamanan berkendara bagi pengendaranya kelak.

Spesifikasi baru ini memastikan Toyota meninggalkan mesin diesel di generasi tujuh Innova Zenix.

Harga

Toyota berencana melepas Innova Zenix ke pasaran mulai Rp419 juta-Rp470 juta. Sedangkan untuk Innova Zenix Hybrid kemungkinan managemen membandrolnya  Rp458 juta sampai Rp614 juta.

Langkah managemen cukup berani ketika merilis harga yang naik cukup signifikan. Apabila membandingkan dengan harga sebelumnya mereka melepas Venturer di angka Rp494,4 juta dan Rp527,2 juta. Pabrik yang sudah lama bercokol di Indonesia ini melepas varian baru dengan rentang harga Rp369,6 juta-Rp471,9 juta.

Henry menambahkan lewat produk ini Toyota berharap semakin banyak kontribusi masyarakat terhadap penurunan emisi karbon.

Innova Zenix

G CVT Non Premium Color Rp419 juta
G CVT Premium Color Rp422 juta
V CVT Non Premium Color Rp467 juta
V CVT Premium Color Rp470 juta

Innova Zenix Hybrid

G CVT Non Premium Color Rp458 juta
G CVT Premium Color Rp461 juta
V CVT Modelista Non Premium Color Rp532 juta
V CVT Modelista Premium Color Rp535 juta
Q CVT Modelista TSS Non Premium Color Rp611 juta
Q CVT Modelista TSS Premium Color Rp614 juta