Gapuraning Rahayu Melegenda di Jalur Selatan Kebanggaan Masyarakat Tatar Galuh

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat Priangan Timur untuk mengenal perusahaan otobus Gapuraning Rahayu atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan  PO GR.

PO bus yang didirikan pada tahun 1977 oleh Almarhum H Moch Karno dan berkantor di Ciamis ini memulai perjalanannya dengan hanya lima unit mini bus Mitsubishi Colt Diesel untuk melayani trayek Tasikmalaya-Cirebon.

Tidak butuh waktu lama bagi PO GR untuk menambah armadanya menjadi dua bus Mitsubishi pada tahun 1978, mengingat sambutan positif dari masyarakat setempat. PO yang berbasis di Kota Ciamis, Jawa Barat ini dikenal memiliki reputasi yang kuat di jalur selatan, terutama untuk bus yang melayani trayek antar kota antar provinsi (AKAP).

Salah satu ciri khas dari PO GR adalah livery-nya yang menampilkan kombinasi warna putih-hijau dan hijau-kuning. Selain itu, PO ini melayani rute-rute populer seperti Ciamis, Banjar, Pangandaran, Karangpucung, Sindareja, Wangon, Cilacap, Kawunganten, dan Kroya. Pada tahun 1996-1997, PO Gapuraning Rahayu melakukan perubahan besar-besaran dengan mengubah sebagian armadanya dari bus ekonomi menjadi bus patas.

Perjalanan panjang PO Gapuraning Rahayu juga tidak terlepas dari peran generasi kedua, yaitu Ronny AB Karno. Ronny melakukan beberapa perubahan signifikan yang sangat menguntungkan para sopir, seperti pengaturan baru dalam hal setoran. Sebelumnya, sistem target digunakan, namun kemudian berubah menjadi sistem paraf. Dalam sistem paraf, setiap personel bus tidak lagi dibebani setoran, namun tergantung pada jumlah penumpang yang diangkut.

Perubahan ini dianggap menguntungkan bagi para sopir, karena mereka bisa memperoleh pendapatan tetap. Selain itu, PO Gapuraning Rahayu juga memberikan bonus yang menguntungkan bagi para sopir yang rajin mencari penumpang. Berkat perubahan-perubahan tersebut, PO Gapuraning Rahayu semakin berkembang dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya.

Perlu diketahui bahwa PO GR bukanlah satu-satunya PO bus yang melayani trayek di wilayah Priangan Timur. Ada juga PO Aladdin dan PO Merdeka yang cukup terkenal di wilayah tersebut. Meskipun demikian, PO Gapuraning Rahayu tetap menjadi favorit bagi banyak masyarakat karena kualitas layanannya yang prima dan reputasi yang baik. Hal ini menjadikan PO Gapuraning Rahayu sebagai salah satu pelopor dalam industri otobus di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.